(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

UPAYA MENINGKATKAN KONSUMSI IKAN MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN

Admin dkpp | 07 Oktober 2015 | 1179 kali

Kegiatan pengolahan hasil perikanan berbahan dasar ikan nila pada hari Selasa (6/10) dilaksanakan di Kantor Desa Gesing Kecamatan Banjar. Ibu-ibu PKK Desa Gesing yang berjumlah 20 orang ikuti pelatihan kali ini. Intruktur yang didatangkan dari SMK Negeri 2 Singaraja yaitu Kadek Harumi dan Luh Wiwin Yuni Andarini memberikan latihan membuat bakso, ladrang, sate lilit, dan nugget dari nila.
Acara yang didahului dengan sambutan oleh Nyoman Sanjaya selaku Perbekel Desa Gesing, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan pengolahan hasil perikanan yang diadakan Diskanla Kabupaten Buleleng. Melalui pelatihan ini, sanjaya mengharapkan Ibu-Ibu PKK Desa Gesing mampu menyajikan masakan berbahan dasar ikan nila dan berpesan agar lebih meningkatkan konsumsi makan ikan.

Sesaat kemudian, kegiatan di buka oleh Kasi Bina Mutu Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Buleleng Ketut asmini. Dikatakan, konsumsi ikan di Kabupaten Buleleng masih rendah, oleh karenanya Diskanla Kab. Buleleng terus melakukan upaya untuk meningkatkan konsumsi makan ikan melalui gemar ikan, lomba ngelawar dan membuat sate lilit dari ikan. Selain itu, dengan melaksanakan pelatihan pengolahan dengan bahan dasar ikan, Asmini berharap Ibu-Ibu PKK Desa Gesing mampu mengaplikasikan di masing-masing keluarga. “bisa memanfaatkan keterampilannya sebagai peluang usaha guna meningkatkan pendapatan,” imbuhnya.

Kegiatan pengolahan kali ini dihadiri oleh Perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Nyonya Sriyoni Gede Komang dan Nyonya Supandeni Wisnawa, Perwakilan Tim Penggerak PKK Kec. Banjar Dayu Sudiati, dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Gesing Nyonya Susmaheti. (adm)