(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Technical Meeting Pengolahan Hasil Perikanan

Admin dkpp | 22 Juni 2016 | 644 kali

Senin (20/06) diadakan Technical Meeting (TM) Lomba Pengolahan Hasil Perikanan yang bertempat di ruang rapat Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng. TM diikuti oleh peserta lomba perwakilan dari masing-masing kelompok pengolah Kecamatan/ Desa yang ada di Kabupaten Buleleng. TM dibuka oleh Kepala Diskanla Kab. Buleleng Ir. Made Arnika.Lomba akan dilaksanakan di wantilan Danau Buyan pada tanggal 24 Juni, dimulai pukul 09.00-12.00 wita.

Panitia menyampaikan tata cara lomba, diantaranya masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang, Bahan Baku dalam lomba Pengolahan Hasil Perikanan  adalah  Daging kerang   Mutiara  dan Ikan Nila  yang telah disiapkan oleh DiskanlaKab. Buleleng, selain itu juga peserta lomba mendapat biaya bumbu sebesar Rp. 200.000/kelompok, bumbu –bumbu yang diperlukan dalam pembuatan  masakan serba ikan  sudah dipersiapkan di rumah. Jenis ikanyang digunakanadalah daging kerang mutiarayang diolah menjadisate lilit dan asam manis, sedangkan  ikan nila  diolah menjadipepes dan nyatnyat.

Selain cita rasa kriteria penilaian lomba juga meliputi kreatifitas, kebersihan/ higienis, penyajian, nilai gizi, tekstur olahan, dan ketepatan waktu. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp. 3.250.000,-

“Lomba Pengolahan Hasil Perikananmerupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat, mengolah ikan menjadi berbagai olahan  merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan ragam olahan ikan gunameningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat di Kabupaten Buleleng” Ungkap Kabid Usaha Pengolahan Hasil (UPH) saat memberikan materi TM. (renn)

Download disini