(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Save Penyu Penimbangan

Admin dkpp | 20 Juni 2016 | 675 kali

Save The Sea Turtle 2016 digelar Minggu kemarin (19/06)  di Pantai Penimbangan timur Singaraja, Kabupaten Buleleng. Acara yang digawangi oleh kelompok aktivis Save Penyu Penimbangan tersebut mendapat apresiasi sangat baik dari masyarakat dan dukungan dari stakeholder terkait seperti Polair Polres Buleleng, Pemerintah Daerah Buleleng dan pihak terkait lainnya.

Selain pelepasliaran tukik penyu acara tersebut juga dirangkaikan dengan penanaman pohon disepanjang pantai penimbangan, bersih-bersih pantai, art exhibition, kuliner khas buleleng, dan live performance.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng turut serta dalam acara tersebut. Pelepasan tukik dilakukan juga oleh masyarakat dan anak-anak. Sekitar seratus tukik penyu dilepaskan ke pantai. Seratus anak penyu tersebut merupakan hasil penetasan telur penyu yang sejak beberapa tahun terakhir ini kerap dijadikan tempat bertelur penyu hijau.

"Kita lepas di sini maka nanti ketika dewasa dia akan bertelur di sini lagi. Seperti itu naluri penyu," Ungkap Made Suartha selaku koordinator aksi gerakan Save Penyu di sela-sela pelepasan penyu. Harapannya, Pantai Penimbangan nantinya dapat menjadi pusat konservasi dan penangkaran penyu. (renn)

Download disini