(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

RUMPUT LAUT SEBAGAI BAHAN DASAR PELATIHAN PENGOLAHAN BAGI PKK DESA PENGULON

Admin dkpp | 05 Oktober 2015 | 743 kali

Pengolahan hasil perikanan dan kelautan menjadi salah satu kegiatan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng. Dengan mengajak Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng, Diskanla mengadakan pelatihan bagi Ibu-Ibu PKK Desa Pengulon Kec. Gerokgak sebanyak 21 peserta. Pelatihan pengolahan yang dilaksanakan di Kantor Desa Pengulon, Jumat (2/10)  dikonsentrasikan pada pengolahan dengan bahan dasar rumput laut.

Sebelum pelatihan pengolahan dimulai, Kades Pengulon Komang Juliadnyana menyampaikan bahwa daerahnya mempunyai potensi perikanan yang tinggi, seperti jenis ikannya dan rumput laut, namun kurang penanganan pasca panen. Selain itu, apresiasi tinggi disampaikan kepada Diskanla atas kegiatan pelatihan pengolahan yang dilaksanakan didaerahnya. “dengan pelatihan ini, Ibu-Ibu PKK Desa Pengulon dapat mempraktekkannya untuk meningkatkan pendapatan keluraga” harapnya.

Sementara itu, Kabid Usaha dan Pengolahan Hasil Diskanla Ketut Suwardana, dalam sambutannya mangatakan bahwa akan terus memberdayakan masyarakat melalui kegiatan pelatihan pengolahan hasil perikanan. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan Ibu-Ibu PKK Desa Pengulon dan dapat menerapkannya, sehingga dapat menambah pendapatan keluarga.

Selama pelatihan yang dipandu oleh Siti Aisah dan Rahmania dari Poklahsar Putri Sumber Laut menghasilkan beberapa jenis olahan seperti  bakso, manisan, koktail, dan selai rumput laut. (adm)