(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

RESTOCKING 100.000 BENIH IKAN JELANG FESTIVAL DANAU BUYAN

Admin dkpp | 03 Maret 2014 | 666 kali

Pemkab Buleleng melalui Dinas Perikanan dan Kelautan bekerjasama dengan Bank Mandiri mengadakan penebaran benih ikan atau restocking di kawasan Danau Buyan, Sabtu (1/3). Sebanyak 100.000 ekor benih ikan jenis karper, nila, dan tawes ditebar  dengan melibatkan unsur pemerintah, swasta, gerkades, perbekel, anggota pramuka saka bahari, dan masyarakat setempat.

Restocking diawali dengan pembersihan di kawasan Danau Buyan dengan melibatkan seluruh unsur yang hadir. Kegiatan ini merupakan langkah awal dari Lake Buyan Festival sekaligus gerakan dalam mensukseskan pencanangan Pemkab Buleleng menuju Buleleng yang bebas sampah plastik.

Rombongan Head IT SAP (Strategy Architecture & Planing) Group Bank Mandiri Jakarta yang berjumlah sekitar 65 orang  ikut dalam kegiatan restocking. Pimpinan rombongan,  Muhamad Guntur memberikan bantuan 100.000 ekor benih ikan untuk ditebar di Danau Buyan.

Dalam sambutannya, Muhamad Guntur merasa sangat terkesan atas sambutan dan kerjasama dengan Pemkab Buleleng dan berharap apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Buleleng. Pihaknya juga berkomitmen untuk tetap bekerjasama dengan Pemkab Buleleng, untuk peduli terhadap lingkungan.

Bupati Buleleng,  Putu Agus Suradnyana, dalam sambutannya yang sekaligus menerima rombongan Bank Mandiri Jakarta, sangat mengapresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh rombongan Bank Mandiri. Pada kesempatan ini, Bupati berharap dengan kegiatan ini memberikan inspirasi  kepada rombongan Bank Mandiri untuk berkunjung kembali ke Buleleng dimasa yang akan datang.

Dihadapan rombongan Bank Mandiri, Bupati Buleleng mempromosikan keunggulan-keunggulan yang dimiliki Kabupaten Buleleng. “Dari segi kuliner, Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu bisa mencicipi aroma masakan khas Buleleng yang berbeda dengan Bali Selatan” ucap Bupati Buleleng. Lebih lanjut Bupati juga mempromosikan kondisi terumbu karang laut di Buleleng yang begitu indah dan telah mendapatkan penghargaan di dunia. “Dalam waktu dekat ini, kawasan Buyan akan ditata sedemikian rupa sebagai daerah wisata. Mulai dari penataan ekotourism, lingkungan, kebersihan dan sebagainya” imbuhnya.

Usai penyerahan benih ikan dan tukar menukar cenderamata, Bupati Putu agus Suradnyana didampingi Kadiskanla Nyoman Sutrisna bersama dengan Muhamad Guntur menuju ke tengah danau untuk melakukan penebaran benih ikan dengan menaiki rubber boat . Penebaran oleh rombongan Bupati disusul oleh rombongan yang lain dengan rubber boat sebanyak 10 unit.

Sementara itu, Kadiskanla, Nyoman Sutrisna mengatakan bahwa restocking di Danau Buyan sudah sering dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keberadaan ikan-ikan yang ada di danau yang menjadi mata pencaharian masyarakat nelayan setempat. (adm)