(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Pusat Pelatihan Perikanan Berkelanjutan Budidaya Ikan Hias Laut Berbasis Masyarakat, Desa Les Telah Diresmikan

Admin dkpp | 08 April 2016 | 753 kali

Kamis (7/4) kemarin tepatnya di Desa Les Kecamatan Kubutambahan Pusat Pelatihan Perikanan Berkelanjutan Budidaya Ikan Hias Laut Berbasis Masyarakat telah  diresmikan. Yayasan Alam Indonesia Lestari (LINI) mendirikan pusat pelatihan perikanan berkelanjutan budidaya ikan hias laut berbasis masyarakat didasari atas perkembangan ikan hias di Desa Les telah merambah pasar dunia.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng beserta jajarannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Perwakilan Dirjen Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Balai Pengeloaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Balai produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K) Karangasem, Yayasan Reefcheck Indonesia, Yayasan CTC, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Universitas Warmadewa, Kepala Desa Les, Bendesa Adat Desa Les, Kelompok-kelompok Nelayan dan masih banyak lagi yang lainnya. Acara dibuka pukul 11.00 WITA oleh Kepala Diskanla Kabupaten Buleleng Ir. Made Arnika. Kemudiaan acara dilanjutkan dengan laporan Ibu Gayatri dari Yayasan LINI dan Perwakilan Kelompok Nelayan Mina Lestari oleh Made Partiana.

Kepala Diskanla Buleleng mewakili Bapak Bupati Buleleng ditandai dengan pemotongan pita meresmikan Pusat Pelatihan Perikanan Berkelanjutan Budidaya Ikan Hias Laut Berbasis Masyarakat. Made Arnika mengungkapkan “ pemerintah akan terus mendorong warga masyarakat untuk mengikuti pelatihan ini sehingga mendapatkan keterampilan dan menghasilkan nilai tambah untuk menopang perekonomian keluarga”, ungkap Kepala Diskanla yang baru dilantik tersebut usai meresmikan pusat pelatihan.

Ketua yayasan LINI Gayatri Reksodiharjo mengakui, hingga kini ada 15 warga yang terlatih dan telah mampu menghasilkan ikan hias berkualitas tinggi dengan harga 2 USD per ekornya. Acara diakhiri dengan penebaran benih ikan kakap putih sebanyak 2.500 ekor oleh Kepala Diskanla Kabupaten Buleleng dan Dirjen Budidaya KKP. (renn)