(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

PKK DESA SARI MEKAR DILATIH MEMBUAT OLAHAN DARI IKAN NILA

Admin dkpp | 06 Oktober 2015 | 854 kali

Di hari kedua, Senin (5/10), pelatihan pengolahan yang dilaksanakan Dinas Perikanan dan kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng bertempat di Kantor Desa Sari Mekar Kecamatan Buleleng. Sebanyak 20 orang anggota PKK Desa Sari Mekar ikuti pelatihan pengolahan dengan bahan dasar ikan nila. Dihadiri pula oleh perwakilan tim penggerak PKK Kab. Buleleng Nyonya Janarti Sutrisna (Wakil Sekretaris Tim Penggerak PKK Kab. Buleleng), Ketua tim Penggerak PKK Kec. Buleleng Nyonya Desak Sri Yulistiawati Ardika, dan Ketua tim penggerak PKK Desa Sari Kekar Nyonya Sukasandiada. Dengan instruktur Nyoman Koni Ernianti dan Ricky Surya Putra dari SMK Negeri 2 Singaraja, dalam pelatihan ini menghasilkan beberapa jenis olahan seperti bakso, ladrang, sate lilit, dan nugget.

Acara yang diawali dengan sambutan dari Kades Sari Mekar Made Sukasandiada, menyampaikan bahwa kegiatan pengolahan hasil perikanan didaerahnya belum pernah ada. “sehingga dengan momen pelatihan ini diharapkan dapat menggugah Ibu-Ibu PKK untuk dapat menerapkan di keluarga bahkan untuk usaha,” imbuhnya.

Ketut Suwardana selaku Kabid Usaha dan Pengolahan Hasil  Diskanla, dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa Sari Mekar mempunyai potensi budidaya ikan nila yang cukup baik, namun tidak diikuti oleh usaha pengolahannya. Untuk itu, “dengan pelatihan pengolahan hasil perikanan ini dapat mensinergikan potensi budidaya ikan nila, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” lanjutnya.

Sementara itu perwakilan PKK Kabupaten Buleleng Nyonya Janarti Sutrisna mengatakan, akan terus memberdayakan PKK di desa melalui pelatihan-pelatihan pengoalahan hasil perikanan. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat menjadi pilihan oleh Ibu-Ibu PKK sebagai usaha keluarga. (adm)