(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Ekowisata Mangrove

Admin dkpp | 17 Juni 2016 | 591 kali

Direktorat Pendayagunaan Pesisir, Dirjen PRL KKP RI yang difasilitasi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan ekowisata mangrove bertempat di Balai Desa Pejarakan Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Acara yang digelar selama dua hari ini (15/06 – 16/06) diikuti oleh masyarakat sekitar dan staf Diskanla.

Mangrove sendiri merupakan komoditas yang mudah ditemui di daerah pantai karena keberadaannya sangat diperlukan oleh manusia dan biota yang hidup disekitarnya. Dewasa ini mangrove juga dijadikan salah satu destinasi wisata,  selain akar mangrove buahnya juga dapat dimanfaatkan.

Yang paling menarik dari acara pelatihan ini adalah masyarakat di sekitar lokasi mangrove Teluk  Banyuwedang, Desa Pejarakan diberikan keterampilan membatik dengan pewarna dari buah mangrove. Selain itu juga pelatihan mengolah berbagai  makanan yang berbahan dasar mangrove.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM dalam pengelolaan ekowisata mangrove khususnya di desa Pejarakan” Ungkap Made Arnika selaku Kepala Diskanla Kabupaten Buleleng. (renn)

Download disini