(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

PENEBARAN BENIH IKAN KERAPU SEBAGAI SALAH SATU PELESTARIAN PERIKANAN

Admin dkpp | 26 September 2013 | 844 kali

Sebagai salah satu kegiatan rutin tahunan, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng melaksanakan penebaran benih ikan kerapu di beberapa lokasi tersebar di wilayah laut Kabupaten Buleleng secara bertahap.

Tahap pertama penebaran ikan kerapu diselenggarakan pada tanggal 22 September 2013 jam 09.00 Wita dengan  lokasi tebaran pada wilayah perairan Lovina, perairan Pemaron, dan perairan Kerobokan dengan jumlah tebar sebanyak 15.000 ekor yang di tebar langsung oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna, MM.

Pada kesempatan tersebut Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna, MM menyampaikan bahwa salah satu tujuan penebaran ikan kerapu adalah untuk melestarikan sumber daya ikan yang ada di laut sekaligus di rangkaikan dengan acara Festival Lovina dan Sail Indonesia.

Pada tahap berikutnya penebaran benih ikan kerapu dilaksanakan pada tanggal 25 September 2013 jam 10.00 Wita di wilayah perairan Pemuteran yang ditebar olah Pecalang Segara, dan Wisatawan dari Belanda ikut juga berpartisipasi melakukan penebaran benih ikan kerapu sebanyak 200.000 ekor. Kemudian dilanjutkan dengan penebaran benih jenis  ikan kerapu macan sebanyak 690 ekor di kawasan Teluk Banyu Wedang Desa Pejarakan oleh kelompok Nelayan Banyu Mandi Desa Pejarakan. Penebaran tersebut merupakan salah satu bentuk sikap responsif Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng dalam merealisasikan permohonan masyarakat saat dialog interaktif di Radio Guntur Singaraja tanggal 23 September 2013. (Sumda)