(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Paus Terdampar di Desa Penyabangan

Admin dkpp | 17 Mei 2016 | 530 kali

Jumat (13/5) di pantai Desa Penyabangan Kecamatan Gerokgak warga dikejutkan dengan ditemukannya Paus dalam keadaan mati sekitar pukul 09.00. Awalnya paus yang berukuran kurang lebih 6-7 meter dengan bobot kurang lebih 2 ton tersebut ditemukan oleh Bapak Yacob Chritopher dan Keishya Abigal dari PT. Atlas South Sea Pearl.

Paus ditemukan di Blok budidaya kerang mutiara PT. Atlas South Sea Pearl dengan kondisi ekor paus terlilit dan tersangkut pada tali dengan kedalaman 5-7 meter yang terdapat pada Blok budidaya kerang mutiara. Terdapat sekitar 15 pocket net milik perusahaan rusak.

Setelah mengetahui informasi tersebut tim BPSPL Denpasar beserta penyuluh Dinas Perikanan dan Kelautan menyambangi lokasi kejadiaan. Upaya pelepasan tubuh paus dari tali dilakukan dengan penyelaman kemudian penanganan dilakukan dengan menarik tubuh paus dengan menggunakan kapal 7 GT Tanjung Sangiang ke arah tengah kurang lebih 2 mil dari pesisir. Selanjutnya tubuh paus ditenggelamkan tanpa pemberat agar terurai oleh alam. Namun diperlukan lagi tindakan lebih lanjut karena kemungkinan besar  paus muncul lagi ke permukaan. (Renn)