(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

LOMBA NGELILIT DAN MEMBAKAR SATE BULFEST 2015, SMP N 3 BANJAR RAIH JUARA I

Admin dkpp | 10 Agustus 2015 | 564 kali

Sebanyak 16 kelompok peserta lomba dari 20 kelompok yang terdaftar ikut memeriahkan lomba ngelilit dan membakar sate dari ikan pada event Buleleng Festival 2015. Lomba yang dilaksanakan di  Rumah Jabatan Bupati Buleleng, pada hari Sabtu (8/8)jam 9.00 Witadibuka oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna, MM.

Pada pembukaan lomba, Kadis Perikanan dan Kelautan Nyoman Sutrisna mengatakan bahwa, kegiatan lomba  ngelilit dan membakar  sate ini dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada siswa –siswi SMP khususnya yang ada di Kabupaten Buleleng,  untuk menumbuhkan rasa cinta kepada masakan tradisional yang berbahan ikan. “kegiatan ini dapat  menumbuhkembangkan serta meningkatkan keterampilan  siswa-siswi  dalam  ngelilit sate, atau dalam pengolahan hasil perikanan khususnya,” imbuhnya.

Selain itu, dikatakan juga bahwa lomba ini bertujuan untuk mendorong peningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat di Kabupaten Buleleng, dengan harapan bahwa mengkonsumsi ikan  bukan sekedar memvariasikan menu makanan sehari-hari atau bukan sekedar menunjang kesehatan tetapi jauh dari itu adalah untuk  membangun masyarakat serta menyiapkan generasi yang cerdas dan berdaya saing.

Selama lomba berlangsung, setiap kelompok yang terdiri dari 4 orang menunjukkan kemampuannya masing-masing dalam ngelilit dan membakar sate. Lomba yang berlangsung selama 2,5 jam, akhirnya olahan sate sudah siap, tertata dengan baik dan ditampilkan sesuai kreasi masing-masing, tanda bahwa olahan sudah siap untuk di nilai.

Sebelum tim juri mengumumkan hasil penilaian, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST. bersama dengan tim kreatif Bulfest 2015 sempat mengunjungi tempat lomba sekaligus menikmati hasil olahan sate setiap peserta. Dalam kunjungan tersebut, Bupati Agus Suradnyana sangat mengapresiasi kegiatan lomba ngelilit sate ikan, karena akan memberikan dampak positif kepada generasi muda untuk lebih berkreativitas dalam mengolah sate ikan, sekaligus memotivasi diri untuk membudayakan makan ikan.

Tim juri yang terdiri dari unsur PKK Kabupaten Buleleng yaitu Ir. Putu Suastini, Msi, unsur PHRI Ketut Sintana dari Chief Hotel Aneka, dan unsur ahli Nyoman Koni Erniati, SPd. dari SMKN 2 Singaraja menyampaikan hasil penilaiannya. Dari hasil penilaian tim juri, SMP Negeri 3 Banjar dinobatkan sebagai Juara I, disusul oleh SMP Negeri 2 Singaraja dan SMP Negeri 5 Singaraja sebagai Juara II dan III. Masing-masing juara berhak mendapat hadiah uang tunai secara berurut sebesar Rp. 2.000.000,-, Rp. 1.500.000,-, dan Rp. 1.000.000,- serta tropy dan piagam.

Selanjutnya, untuk Juara Harapan I, II, dan III diperoleh oleh SMP PGRI 2 Singaraja, SMP Laboratorium Undiksha Singaraja, dan SMP Negeri 1 Sawan. Masing-masing juara berhak mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp. 650.000,- dan piagam. (adm)