(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Kembangkan Pesona Keindahan Laut Buleleng Melalui Lomba Lukis Alam Laut

Admin dkpp | 27 Oktober 2015 | 1060 kali

Empat puluh lima peserta dari unsur umum, mahasiswa, dan pelajar memadati stand lomba lukis Jumat kemarin (23/10) untuk melakukan registrasi ulang. Lomba yang merupakan salah satu rangkaian dari Buleleng Bali Dive Festival (BBDF) berlangsung selama 4 jam (10.00-14.00 wita) dengan lokasi seputaran pantai pemuteran. Tim juri berasal dari para seniman dalam dan luar daerah diantaranya Wayan Sudiartha (Dosen seni rupa Undiksha), Poleng (Dosen seni rupa Undiksha), Jhon Renaldi, Made Bayak, serta Tuaji Yasa.

Salah satu juri, Made Bayak memaparkan penilaian hasil lukisan dilakukan terhadap ide kreatif dan kesesuaian judul lukisan, selain itu kekuatan garis dan warna serta keindahan juga menjadi criteria penialaian. M. Choirul Anam berhasil meraih juara pertama, juara kedua diraih oleh Putu Dudik Ariawan dan juara ketiga diraih oleh Made Suastikayasa. Sedangkan untuk juara harapan satu, harapan dua dan harapan tiga masing-masing diraih oleh Mirza Prasetyo, Dewa Agung Mandala, dan Komang Suliriyasa. Total hadiah yang didapatkan adalah Rp. 8.750.000, trofi dan sertifikat, selain itu untuk juara pertama juga mendapatkan gratis menginap di Hotel Taman Sari selama 3 hari 2 malam.

Tim juri juga menampilkan atraksi lukis pada saat pembukaan BBDF (3 lukisan) dan menjelang penutupan BBDF (2 lukisan). Hasil dari lukisan yang terjual senilai 25 juta rupiah disumbangkan ke Yayasan Karang Lestari. Lukisan dari peserta lomba dipamerkan di stand lomba lukis dan ada 2 buah lukisan yang terjual.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar terbukanya media apresiasi cinta laut bagi para seniman muda dalam mengembangkan pesona keindahan laut Buleleng melalui karya seni lukisan” Tutur salah satu juri lomba lukis Tubagus Yasa seusai melakukan atraksi lukis sore kemarin. (Renni)