(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Kecamatan Kubutambahan Juarai Lomba Memasak Daging Kerang Mutiara dan Ikan Nila

Admin dkpp | 27 Juni 2016 | 788 kali

Lomba Pengolahan Hasil Perikanan dengan bahan baku daging kerang mutiara dan ikan nila digelar di wantilan Danau Buyan Desa Pancasari Kecamatan Sukasada Jumat (24/06) kemarin. Lomba yang dilaksanakan dalam rangka Twin Lake Festival tersebut digawangi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng.  Sembilan kelompok yang berasal dari sembilan Kecamatan di Kabupaten Buleleng mengikuti lomba tersebut, masing masing tim terdiri dari tiga orang.

Pukul 09.00 wita lomba memasak ikan dimulai, peserta mendapatkan waktu 3 jam untuk megolah dan menyajikan masakan. Jenis olahan yang dibuat dari bahan dasar daging kerang mutiara adalah sate lilit dan asam manis, sedangkan olahan yang dibuat dari ikan nila adalah pepes dan nyatnyat ikan. Bapak Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST, didampingi Wakil Bupati Buleleng Dr. Nyoman Sutjidra, S.Pog, Kepala Diskanla Kabupaten Buleleng, beserta kepala Dinas SKPD mencicipi hasil masakan dari sembilan kelompok.

Kelompok PKK Kecamatan Kubutambahan meraih juara pertama disusul oleh Kelompok PKK Kecamatan Seririt dan Kelompok Patus Desa Kerobokan Kecamatan Sawan sebagai juara 2 dan 3. Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp. 3.250.000,-. Kriteria penilaian lomba meliputi kreativitas, kebersihan, nilai gizi, cita rasa, penataan/ penyajian, tekstur olahan serta ketepatan waktu.

“Dengan diselenggarakan lomba ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dalam mengolah ikan menjadi lebih variatif lagi sehingga mampu meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat”, ungkap Kepala Diskanla Kabupaten Buleleng Made Arnika saat ditemui disela-sela perlombaan. (renn)

Download disini