(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

KARYA NGENTEG LINGGIH, MUPUK PEDAGINGAN, LAN PIODALAN AGENG DI PURA DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN

Admin dkpp | 30 April 2014 | 1231 kali

Sebagai salah satu perwujudan konsep kehidupan Tri Hita Karana, dilaksanakan Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, lan Piodalan Ageng di Pura Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng. Karya yang puncaknya jatuh pada Saniscara Kliwon Wariga (26/4) dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, karyawan karyawati dan darma wanita diskanla, serta undangan lainnya. Tampak hadir pada kesempatan yang baik tersebut mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Buleleng Ida Kade Gada dan Wayan Suradnya.

Karya ngenteg linggih, mupuk pedagingan, lan piodalan ageng dipuput oleh Ida Pedanda Istri Oka Alitan dari Griya Sukasada dan Ida Pedanda  Budha Keling dari Tianyar Karangasem dimulai pukul 11.00 Wita. Upacara dengan iringan tarian rejang dewa dan gong topeng berlangsung lancar dan hikmat. Seusai persembahyangan bersama, dari PHDI Buleleng, Nyoman Wilasa memberikan Dharma Wacana tentang hakekat yadnya seperti yang tertuang dalam Bhagawad Gita dengan jelas.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana selepas persembayangan bersama dan Dharma Wacana menyatakan, sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud bakti sebagai umat hindu atas karunia yang diberikan sekaligus menjaga keseimbangan atas karuniaNya.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Kab. Buleleng Nyoman Sutrisna menyatakan makna Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan adalah upacara mensucikan dan mensakralkan tempat pemujaan Hyang Widhi, setelah selesai pembangunan pura dilaksanakan.

Sebelum Bupati dan Wakil Buleleng beserta undangan yang hadir meninggalkan kantor Dinas Perikanan dan Kelautan, diadakan ramah tamah sambil makan siang di halaman tengah kantor yang telah disiapkan oleh panitia upacara. Sebagai kelanjutan dari piodalan ageng, pada malam harinya, pukul 24.00 Wita dilaksanakan Ida Batara Mesineb disertai dengan Topeng Sidakarya.

Ketua panitia upacara, Kabid UPH Ketut Suwardana mengatakan, atas kebersamaan dan kerjasama karyawan karyawati Diskanla dan pihak-pihak yang telah membantu, karya yang telah dilaksanakan dari tanggal 21 April 2014, mulai dari nanceb pepayon, ngaturang piuning, nuwasen karya dan yang lainnya hingga pengelebar tanggal 29 April 2014 berjalan dengan baik dan lancar. (Adm)