(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

20 ORANG PKK DESA GALUNGAN IKUTI PELATIHAN PENGOLAHAN IKAN

Admin dkpp | 09 Oktober 2015 | 872 kali

Desa Galungan Kecamatan Sawan menjadi salah satu tempat kegiatan pelatihan pengolahan yang dilaksanakan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng. Pelatihan pengolahan kali ini merupakan pelatihan hari kelima setelah Desa Pengulon, Desa Sari Mekar, Desa Gesing, dan Desa Kayu Putih. Pelatihan yang bertempat di Kantor Desa Galungan, Kamis (8/10) diikuti oleh 20 orang peserta dari Ibu-Ibu PKK Desa Galungan.

Sebelum pelatihan dimulai, Ketut Asmini selaku Kasi Bina Mutu Diskanla menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mensosialisasikan gerakan memasyarakatkan makan ikan, Khususnya di Desa Galungan. “selain itu, memberikan keterampilan bagi Ibu-Ibu PKK dalam mengolah ikan menjadi berbagai macam olahan yang sehat dan bergizi,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Nyonya Sri Yoni Komang Gede menginginkan Ibu-Ibu PKK Desa Galungan memperoleh keterampilan baru melalui pelatihan pengolahan hasil perikanan. “sesuai dengan program Pokja 3 PKK Kabupaten Buleleng, Ibu-Ibu PKK Desa Galungan dapat memanfaatkan sebagian pekarangannya untuk budidaya ikan sebagai penunjang gizi keluarga,” harapnya.

Dengan instruktur yang didatangkan dari SMK Negeri 2 Singaraja, yakni Sri Wiani dan Ricky Surya Putra mengajarkan cara mengolah yang diikuti dengan serius oleh peserta. Pelatihan pengolahan dengan bahan baku ikan yang berlangsung sekitar 4 jam, akhirnya menghasilkan berbagai jenis olahan seperti bakso, nugget, sate lilit, dan ladrang. (adm)