(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

101 PERAHU LAYAR IKUT MERIAHKAN HUT RI KE-70

Admin dkpp | 12 Agustus 2015 | 551 kali

Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-70, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Perikanan dan Kelautan menyelenggarakan lomba perahu layar. Lomba yang dilaksanakan Selasa (11/8) jam 10.00 Wita, mengambil start di pantai Desa Kerobokan Kecamatan Sawan diikuti oleh 101 peserta dari kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Buleleng.

Setibanya Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, bersama rombongan di lokasi acara, disambut alunan gamelan balaganjur sekaligus menikmati sate ikan bersama dengan masyarakat dan anak-anak SD. Selanjutnya di panggung kehormatan, kelompok kur Desa Kerobokan dan Pindang Awan Band Diskanla ikut memeriahkan lomba dengan memberikan hiburan kepada masyarakat.

Usai sambutan Kadis Perikanan dan Kelautan Nyoman Sutrisna, Bupati Buleleng bersama rombongan melakukan restocking ikan kakap. Akhirnya, dengan aba-aba melepaskan seikat balon ditengah laut, tanda lomba telah dimulai. Bersamaan dengan itu, serempak seluruh peserta lomba berusaha dengan sekuat tenaga mendayuh perahunya ketengah laut dibarengi dengan sorakan penonton dan gamelan balaganjur yang begitu memukau.

Peserta lomba yang dengan tangkas memacu perahunya akhirnya sampai di finish yaitu pantai Binaria Lovina. Sugiantono selaku Tim juri, mengumumkan juara pertama diraih oleh Untung Sulaiman dan Samsudin Sam, disusul oleh Ahmad Fadli dan Zainuri Adam diurutan kedua, dan diurutan ketiga diraih Rahmat Hidayat dan Ardiansyah. Dimana ketiganya berasal dari Kelompok Nelayan Sinar Bahari Desa Kaliasem Kecamatan Banjar. Kepada masing-masing juara diberikan hadiah berupa piala, piagam dan uang tunai Rp. 6,5 juta untuk juara pertama, juara II Rp. 5,5 juta, dan juara III Rp. 4,5 juta. Selain itu untuk juara harapan I- III diberikan hadiah uang secara berurut Rp. 3,5 juta, 2,5 juta, dan 1,5 juta, serta setiap juara mendapatkan hadiah dari sponsor

Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra, sebelum menyerahkan hadiah kepada pemenang mengatakan, bahwa lomba perahu layar ini menjadi tradisi yang harus dilestarikan oleh Pemkab Buleleng, meskipun lomba hanya didominasi oleh beberapa kelompok nelayan saja, namun antusiasme peserta bisa dijadikan tolok ukur kesuksesan pembinaan bahari yang gencar dilakukan Pemkab Buleleng. “Semua peserta telah menunjukkan semangat dan sportivitas dalam bertanding, dari kegiatan ini membuka mata kita bahwa tugas untuk melestarikan potensi bahari tidak hanya menjadi tugas nelayan semata” imbuhnya. (adm)