(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Wajib Tahu! Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Ternyata Luar Biasa

Admin dkpp | 11 Juli 2018 | 7398 kali

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bergembiralah bagi Anda yang gemar mengonsumsi ikan ini karena manfaat ikan lele ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi ikan lele? Yuk, simak manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh berikut ini.

1. Rendah Kalori dan Lemak

Dalam 100 gram porsi ikan lele hanya mengandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Meski rendah kalori dan lemak, penting bagi Anda untuk memerhatikan porsi makan sekaligus cara mengolahnya. Jika tidak, kadar kalori, lemak, serta kolesterol dalam ikan lele justru bisa meningkat.Untuk mencegah hal tersebut, hindari mengolah ikan lele dengan cara digoreng. Sebagai gantinya, cobalah metode masak dikukus, direbus (dijadikan sup), serta dibakar atau dipanggang.

2. Sumber Protein Lengkap

Ikan lele mengandung protein berkualitas tinggi sebanyak 15,6 gram dalam tiap ekornya sehingga mampu memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. Protein berkualitas tinggi tersebut membantu tubuh Anda membangun massa otot tanpa lemak. Tidak hanya itu, kandungan protein dalam ikan lele juga membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh Anda.

3. Sumber Vitamin B-12

Ikan lele mengandung kadar vitamin B12 yang sangat tinggi. Satu ekor ikan lele saja mengandung 40 persen asupan vitamin B12 yang direkomendasikan setiap hari. Sebagai bagian dari vitamin B, vitamin B12 pada ikan lele sangat penting untuk membantu memecah makanan yang Anda konsumsi sebagai energi. Selain itu, vitamin yang larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, serta pembentukan darah.

4. Rendah Merkuri

Hampir semua ikan mengandung merkuri. Merkuri adalah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan. Penumpukan merkuri pada tubuh dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti keracunan merkuri hingga kerusakan saraf.Kabar baiknya, Environmental Protection Agency mencantumkan ikan lele sebagai salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi dan rendah merkuri. Meski demikian, membatasi konsumsi ikan lele dianjurkan untuk mengurangi risiko Anda terkena paparan merkuri.

5. Mengandung Asam Lemak Sehat

Rutin makan ikan lele adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Hal ini karena satu ekor ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Kedua nutrisi ini berperan dalam kesehatan jantung dan fungsi kognitif.

Sumber : https://www.pertanianku.com/wajib-tahu-manfaat-ikan-lele-untuk-kesehatan-ternyata-luar-biasa/