(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Tanaman Air Tawar Aquascape Ini Paling Digemari

Admin dkpp | 10 September 2018 | 5781 kali

Tanaman Air Tawar banyak digunakan untuk menghias isi akuarium. Jenis tanaman yang dapat tumbuh di akuarium disebut dengan tanaman aquascape. Bukan hanya sebagai penghias akuarium, melainkan tanaman aquascape tersebut juga memiliki peranan penting lainnya seperti sebagai tempat tinggal ikan ataupun sumber makanan ikan. 

Anda harus cermat dalam memilih jenis tanaman hias air tawar yang akan Anda gunakan pada akuarium. Sangat dianjurkan untuk memilih jenis tanaman hias air tawar berwarna hijau karena tidak membutuhkan banyak pencahayaan.

Untuk jenis ataupun nama tanaman air tawar aquascape tersebut sangatlah beragam. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing sehingga jadi banyak digemari dan populer di kalangan pencinta ikan dalam akuarium.

Keindahan dan fungsi yang diberikan tanaman hias air tawar tersebut juga beragam. Keindahannya dapat tercermin dari bentuk fisiknya. Untuk mengetahui lebih detailnya, Anda sebaiknya langsung simak jenis tanaman hias air tawar aquascape berikut ini. 

  1. Hygrophila difformis

Tanaman hygrophila difformis juga sering dikenal dengan sebutan water wisteria. Jenis tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan semakin menjadi idola karena perawatannya yang mudah. Hygrophila difformis dapat bertahan hidup dalam suhu air 23—28 derajat Celcius. Ia hanya memerlukan pencahayaan yang sedang.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 20—50 cm, sedangkan lebarnya sekitar 15—25 cm. Tanaman hygrophila difformis ini sangat sesuai jika digunakan sebagai karpet (dasar) di akuarium. Ia paling banyak digemari para pecinta ikan di dalam akuarium sehingga membuat namanya cukup populer hingga ke seluruh pelosok di dunia.

  1. Java moss

Tanaman java moss berasal dari Asia Tenggara dan biasanya banyak menempel pada batu, akar, dan juga kayu apung. Java moss dapat menerima semua jenis air dan segala jenis kualitas pencahayaan sehingga mudah hidup di berbagai tempat. Tanaman ini adalah jenis tanaman air yang dapat tumbuh dengan baik pada suhu 70—75 derajat Fahrenheit atau 21—24 derajat Celcius. 

Tanaman java moss banyak digunakan sebagai tempat bayi ikan dan juga berudu karena dapat melindungi mereka dari sergapan ikan dewasa. Selain itu, ia juga berfungsi sebagai sumber makanan sekunder bayi ikan. Dengan begitu, java moss sangat penting untuk kelangsungan hidup biota akuarium.

  1. Vallisneria

Tanaman vallisneria memiliki tiga spesies yang banyak beredar di pasaran. Vallisneria adalah jenis tanaman hias air tawar aquascape yang berasal dari Eropa Selatan dan juga Afrika Utara, tetapi banyak ditemukan di daerah tropis.

Ciri-ciri tanaman vallisneria di antaranya bentuk daun yang memanjang seperti padi, tetapi tipis dan lentur. Daun vallisneria tersebut memiliki panjang yang bervariasi antara 30 cm—1 meter dengan kisaran lebar 1—2,5 cm. Sementara, untuk spesies Vallisneria spiralis bercirikan daun yang memelintir berbentuk spiral.

Sumber : https://www.perikananku.com/tanaman-air-tawar-aquascape-ini-paling-digemari/