(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

RESEP MASAKAN ANEKA OLAHAN IKAN

Admin dkpp | 25 Maret 2013 | 2727 kali

Indonesia  dianugrahi sumberdaya ikan baik ikan air laut maupun air tawar dengan keragaman yang menakjubkan . Ikan merupakan bahan pangan dengan kandungan gizi  yang luar biasa  yang amat berperan  terhadap kecerdasan, kesehatan dan peningkatan stamina manusia. Ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein yang mudah dicerna oleh tubuh. Di samping itu ikan juga mengandung berbagai  zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain : Omega 3, untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi; asam amino essensial seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita; vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak ; vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang ; vitamin B6 , membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf ; vitamin B12, untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung dan kerusakan syaraf ; zat besi yang mudah di serap oleh tubuh ; yodium untuk mencegah terjadinya penyakit gondok, dan hambatan pertumbuhan anak; selenium untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas ; seng yang membantu kerja enzim ; dan hormon Fluor yang berperan dalam menguatkan dan menyehatkan gigi anak. Dengan demikian Peningkatan konsumsi ikan  merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas sumberdaya manusia dan sekaligus meningkatkan bisnis di sektor perikanan.

Konsumsi ikan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara lain . Dalam rangka  meningkatan tingkat konsumsi ikan nasional  tampaknya ketersediaan dan distribusi  aneka produk olahan ikan  dengan harga terjangkau menjadi hal  yang tidak dapat ditawar lagi. Oleh karena itu  ketersediaan produk olahan  hasil perikanan merupakan  tantangan  bagi pelaku usaha yang jeli melihat peluang.  Produk olahan merupakan  komoditas yang telah dimodifikasi melalui berbagai cara seperti pemotongan , pembentukan, pelapisan  atau pengemasan.

Kualitas produk  olahan  sangat tergantung dengan kondisi bahan baku. Oleh sebab itu  untuk menghasilan produk olahan  bermutu tinggi masalah penanganan pasca panen  di semua lini  perlu mendapat perhatian khusus. Produk-produk olahan yang telah sukses di pasaran  umumnya mempunyai ktriteria seperti :  Praktis dan nyaman serta dapat dijadikan camilan; berkualitas baik dan kandungan gizinya tinggi serta menyehatkan;  menyenangkan dan menimbulkan citra mewah; serta produk  mudah dicari.

Saat ini di kabupaten Buleleng telah tersedia berbagai produk olahan baik dari ikan laut, ikan tawar maupun rumput laut. Produk-produk ini dihasilkan oleh kelompok-kelompok pengolah hasil perikanan. Beberapa olahan  yang telah berkembang  seperti  sudang lepet, abon,kerupuk ikan, Kerupuk kulit ikan tuna, ikan asap, bakso, ladrang lele, keripik kulit lele, ovak lele, betutu lele, nugget,  dodol rumput laut, manisan rumput laut, kerupuk rumput laut .

Diharapkan produk-produk ini bisa berkembang,  baik dari segi kualitas maupun kuantitas, sehingga dapat bersaing di pasaran  dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan  masyarakat pengolah hasil perikanan  di Kabupaten Buleleng

Download disini