(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Pakan Alternatif Belut yang Mudah Ditemukan dan Murah

Admin dkpp | 10 September 2018 | 35694 kali

Apakah Anda sedang berbudidaya belut dan kebingungan harus memberi makan apa agar belut-belut yang Anda budidayakan tumbuh dengan baik? Sebenarnya, ada beberapa pakan alternatif belut yang bisa dengan mudah Anda temukan di lingkungan sekitar. Apa sajakah itu? 

Berikut ini beberapa pakan belut yang dapat digunakan, baik yang alami maupun yang buatan.

  1. Cacing tanah

Cacing tanah dapat diperoleh dengan mudah bagi Anda yang membudidayakan belut dan ingin mendapatkan pakan alami ini. Selain mudah didapatkan, pakan alami berupa cacing tanah ini juga mengandung gizi yang kaya protein. Dengan begitu, dapat dikatakan sebagai makanan belut terbaik yang berasal dari alam.

  1. Bekicot

Gizi yang ada pada bekicot juga baik untuk pertumbuhan belut yang dipelihara. Bekicot dapat dengan mudah Anda dapatkan di sekitar lingkungan Anda. Hewan ini adalah hewan sejenis siput, tetapi hidup di darat. Karena hidup di darat, orang tidak perlu basah-basahan untuk mendapatkan makanan belut alami yang satu ini. 

  1. Keong mas atau keong sawah

Setelah bekicot, keong mas atau keong mas juga baik untuk dijadikan sebagai makanan belut yang dibudidayakan. Untuk dapat memberikan keong mas pada belut yang dipelihara, Anda dapat mencari keong mas ini di sawah, sungai, atau rawa-rawa. Keong mas atau keong sawah juga termasuk dalam kelompok makanan alami yang baik untuk perkembangan belut.

  1. Cacing sutera

Siapa yang tidak kenal dengan cacing sutera? Tentu hampir semua orang tahu jenis cacing yang satu ini. Cacing sutera juga baik untuk diberikan kepada belut yang Anda budidayakan. Ini karena cacing sutera memiliki kandungan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan belut.

  1. Kepiting air tawar

Untuk makanan belut yang kelima ini, yaitu kepiting air tawar, mungkin tidak perlu diberikan terlalu sering kepada belut yang dipelihara. Sebab, fungsi pemberian kepiting air tawar ini adalah untuk merangsang nafsu makan belut yang dibudidayakan. Kepiting air tawar biasa disebut dengan yuyu di tanah Jawa, yang tentunya dapat diperoleh di sekitar perairan air tawar.

  1. Pasta (pakan buatan)

Selain menggunakan beberapa makanan belut yang berasal dari alam, Anda dapat meramu pakan buatan yang disebut dengan pasta. Pasta ini diyakini dapat mempercepat pertumbuhan belut yang dibudidayakan. Pasta terbuat dari campuran beberapa bahan seperti daging, pelet ikan, dan tepung tapioka yang dicampur dengan air secukupnya.

Sumber : https://www.perikananku.com/pakan-alternatif-belut-yang-mudah-ditemukan-dan-murah/