(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Manfaat Biologi di Bidang Perikanan

Admin dkpp | 12 Februari 2018 | 38487 kali

Manfaat Biologi di Bidang Perikanan

Ilmu biologi memang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan tanpa kecuali manfaat biologi di bidang perikanan. Biasanya dalam bidang ini pemanfaatan biologi sebagai dasar pengetahuan yang nantinya akan digunakan dalam proses usaha melakukan pembudidayaan berbagai jenis ikan atau pun berbagai jenis hewan laut lain.

Dalam proses pembudidayaan tentunya sudah diketahui terlebih dahulu bahwa sudah pasti mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi, digunakan untuk sumber pasokan protein hewani dan yang paling penting adalah mempunyai nilai jual.

Selain itu, banyak yang memanfaatkan biologi untuk digunakan sebagai dasar pengetahuan dalam aktivitas dan kegiatan berbagai penelitian dalam ruang lingkup yang cukup luas, seperti halnya pada ruang lingkup yang ada pada area ekosistem pantai dan juga perairan laut.

Berbagai jenis ikan yang ada pada ekosistem tawar ataupun yang ada pada ekosistem air laut bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang hidupnya di ruang lingkup perairan yang bisa digunakan oleh manusia untuk salah satu sumber bahan makanan mereka.

Karena memang berbagai jenis ikan terbukti mempunyai kadar kandungan protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, ada juga ikan yang memiliki bentuk tubuh yang indah dan menarik untuk dilihat sehingga sangat cocok dimanfaatkan untuk ikan hias yang dipelihara di aquarium rumah.

1.Penelitian Terhadap Spesies Baru

Ilmu biologi sangatlah berpengaruh terhadap kemajuan bidang perikanan khususnya untuk menunjang aktivitas dan berbagai kegiatan penelitian para ilmuwan. Diharapkan di masa yang akan datang dengan melakukan penelitian terhadap spesies baru mengenai hal – hal yang berhubungan dengan kehidupan, tingkah laku, kandungan nilai gizi dan lain sebagainya.

Sehingga nantinya mungkin bisa menjadi bahan pembelajaran atau pun dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Tanpa adanya ilmu biologi hal tersebut mungkin mustahil dilakukan. Karena proses penelitian memang pada dasarnya menerapkan ilmu biologi untuk memudahkan tahap – tahap yang akan dilakukan.

2.Membantu Dalam Upaya Pembudidayaan

Dengan memahami kebiasaan, tingkah laku, adaptasi terhadap lingkungan, tempat yang cocok untuk pembudidayaan mungkin akan sangat membantu memajukannya sehingga bisa terus berkembang pesat. Pembudidayaan yang berhasil tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kelestarian suatu spesies sehingga bisa tetap ada sepanjang masa sampai turun temurun.

Selain itu membantu dalam menyediakan sumber protein bagi banyak orang agar asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh bisa terpenuhi. Semakin banyak ikan berkembang biak, secara otomatis akan membuat harga menjadi bisa ditekan, pada akhirnya akan lebih banyak lagi orang yang bisa menikmati manfaatnya.

3.Membuat Sumber Makanan Baru Bagi Ikan

Dari penelitian yang telah dilakukan ternyata daun singkong yang biasanya digunakan sebagai salah satu sumber makanan bagi manusia, bisa dimanfaatkan sebagai bahan pakan tambahan untuk ikan. Hal ini sudah dilakukan dan diterapkan pada ikan nila.

Hasilnya pun cukup memuaskan. Dengan memberikan pakan tambahan daun singkon, ikan nila menjadi mengalami proses pertumbuhan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi pembudidaya agar cepat panen dan cepat juga memperoleh manfaat ekonomisnya.

4.Membantu Proses Pemijahan

Adanya ide untuk melakukan proses pemijahan, maka pembudidayaan bisa dilakukan dengan hasil yang lebih banyak dan lebih cepat. Tanpa adanya cara tersebut, pasti proses perkembang biakan ikan menjadi lebih lama, karena mau tidak mau harus menunggu proses perkembang biakan secara alamiah. Nah, disinilah letak manfaat ilmu biologi. Dengan ditemukannya teknik pemijahan, banyak petani pembudidaya ikan yang merasakan berbagai dampak positifnya dan tentunya keuntungan meningkat sehingga kesejahteraan mereka menjadi lebih baik.

5.Mengetahui Bagaimana Pemeliharaan Yang Baik

Dengan mengetahui karakteristik dan tingkah laku berbagai jenis ikan, secara otomatis dalam proses pemeliharaan dan penanganannya akan menjadi lebih baik. Tanpa adanya pengetahuan lebih, para petani ikan akan kebingungan dan melakukan pemeliharaan hanya ala kadarnya saja.

6.Menciptakan Berbagai Jenis Produk Olahan Ikan

Dengan adanya biologi maka akan semakin banyak produk olahan ikan dengan berbagai macam cara agar bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang namun tetap menjaga nilai gizinya agar tidak hilang. Seperti halnya dalam pengolahan sarden yang menggunakan teknologi khusus sehingga bisa awet dalam jangka waktu yang panjang dan tentunya sangat praktis.

7.Untuk Melestarikan Spesies – Spesies Langka

Tidak hanya memanfaatkan hasil laut saja dengan menangkap secara besar – besaran, melainkan dengan adanya ilmu biologi maka bisa dilakukan pembudidayaan yang digunakan untuk melestarikan jenis spesies tertentu agar tidak punah. Banyak yang melakukan teknik pembudidayaan dengan menggunakan cara tambak, keramba jala apung atau pun rumpon.

8.Mengetahui Siklus Hidup Dari Setiap Spesies

Dengan mengetahui karakteristik dari ikan, kita juga bisa mengetahui siklus hidup dari berbagai jenis ikan. Bagaimana makanan yang digunakan baik untuk pertumbuhannya di alam bebas sehingga bisa berkembang biak dengan baik. Kemudian hewan atau pun tumbuhan apa saja yang berpengaruh dalam siklus hidupnya.

9.Melestarikan Lingkungan dan Ekosistem Perairan

Banyak yang menggunakan ilmu biologi untuk membantu dalam upaya pelestarian lingkungan seperti halnya ekosistem perairan sehingga makhluk hidup yang ada di dalamnya bisa terjaga dan tetap produktif. Selanjutnya manusia bisa mengambil manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan akan protein atau pun untuk kegiatan lainnya.

10.Menciptakan Spesies Unggulan

Para ilmuwan berbondong – bondong untuk melahirkan suatu spesies unggulan dengan menyilangkannya dengan spesies lain sehingga diperoleh kualitas super. Dengan melakukan hal seperti itu biasanya akan diperoleh karakteristik tubuh yang berbeda, misalnya nilai gizi lebih tinggi, daging lebih banyak dan tempat hidup yang bisa disesuaikan.

11.Mengetahui Berbagai Macam Komponen Yang Menunjang Ekosistem

Hutan mangrove, hutan bakau, dan juga lamun mempunyai peran penting dalam rangka menunjang ekosistem. Seperti halnya mencegah terjadinya suatu proses abrasi, sebagai alat penyaring proses sedimentasi dengan area daratan sehingga membantu menjaga kejernihan perairan. Dengan adanya kondisi semacam ini terumbu karang bisa hidup dengan baik

12.Mendukung Perkembangan Bioteknologi

Pada bidang perikanan bioteknologi juga mulai diterapkan yakni melalui teknik – teknik dengan meyisipkan gen, penyambungan gen, pemotongan gen, teknik transfer nukelus yang kesemuanya merupakan teknik rekayasa genetika dan membantu menghasilkan spesies yang lebih baik.

13.Memberikan Perlindungan Terhadap Telur Dari Hasil Pemijahan

Jika di alam bebas ikan tidak bisa melindungi telur – telurnya dari predator – predator yang akan memangsanya, maka telur hasil dari pemijahan bisa dipastikan terlindungi dari berbagai predator karena memang diperlakukan khusus dengan cara menempatkannya pada tempat yag sudah disediakan sehingga pertumbuhan akan tetap terjaga.

14.Menemukan Berbagai Penyakit dan Cara Penanganannya

Tidak hanya manusia dan tumbuhan yan bisa diserang oleh berbagai penyakit, hewan seperti ikanpun juga bisa diserang oleh berbagai macam penyakit. Dengan adanya ilmu biologi penyakit – penyakit yang menyerang ikan bisa diketahui dan selanjutnya bisa dicarikan solusi penanganannya.

15.Mengetahui Usia Yang Tepat Untuk Proses Pemanenan

Proses pemanenan ikan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika dilakukan secara sembarangan maka akan mempengaruhi kondisi kelestarian lingkungan. Untuk itu diperlukan pengamatan yang tepat agar suatu spesies terus terjaga dalam proses pemanenan atau pun penangkapan ikan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai manfaat biologi di bidang perikanan di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi saat belajar dan menambah wawasan baru bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai manfaat biologi di bidang perikanan. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini.

Sumber : https:// biologi.com/biologi2018/manfaat-biologi-di-bidang-perikanan