(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Konsumsi Makan Ikan Per Kapita Didorong Capai 50 Kilogram, Caranya Bagaimana?

Admin dkpp | 03 April 2018 | 1102 kali

Kekayaan sumber daya ikan yang masih melimpah di laut Indonesia, akan terus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya, adalah untuk kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Indonesia yang dinilai masih belum ideal. Untuk itu, Pemerintah Indonesia terus menggerakkan kampanye gemar makan ikan di seluruh Negeri. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merilis data terbaru pada 2017 yang menyebutkan bahwa konsumsi ikan oleh masyarakat sudah mencapai sudah mencapai angka 43 kilogram per kapita per tahun. Angka tersebut, akan terus digenjot naik hingga mencapai 46 kilogram per kapita per tahun pada 2018 dan 50 kilogram per kapita per tahun pada 2019. Hal itu ditegaskan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, pekan lalu di Jakarta.

Menurut Susi, kebiasaan masyarakat untuk makan ikan dalam keseharian, akan bisa meningkatkan kemampuan kecerdasan dan juga kesehatan fisik. Kelebihan tersebut, bisa didapat melalui ikan yang harganya masih cukup terjangkau di pasaran. Agar konsumsi ikan terus naik, pihaknya terus mendorong masyarakat melalui berbagai program.

“Kita ini memerlukan nutrisi dan kecerdasan intelektual yang baik dengan memulai kebiasaan yang baik, yaitu makan ikan, karena kandungan nutrisinya jauh lebih sehat dibanding jenis protein hewani lainnya,” ujar dia. 

Susi memberi contoh, di antara orang pintar yang ada di Indonesia, sebagian besar adalah karena mereka memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi ikan sejak dini. Kebiasaan baik tersebut, harus diikuti oleh masyarakat Indonesia, terutama anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa di masa mendatang.

Pentingnya anak-anak mengonsumsi ikan, menurut Susi, karena ikan mengandung omega yang terbukti sangat bagus untuk pertumbuhan otak. Dengan demikian, harapan untuk meningkatkan intelegensia anak Indonesia, bisa diwujudkan melalui konsumsi ikan.

“Jadi, minat masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi ikan dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan. Selama periode waktu tersebut, konsumsi ikan secara nasional mengalami kenaikan sangat banyak hingga mencapai 1,2 juta ton. Capaian tersebut, menunjukkan kalau kampanye makan ikan di seluruh Nusantara mulai memperlihatkan hasil,” jelas dia.