(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Keistimewaan Budidaya Lele, Bisa Panen dari Berbagai Waadah

Admin dkpp | 05 September 2018 | 954 kali

Keistimewaan budidaya lele di Indonesia adalah ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari pembudidaya ikan dan masyarakat. Hal ini tak lepas dari kelebihannya yang dapat dipelihara dengan padat tebar tinggi. Selain itu, teknologi budidaya lele mudah dikuasai bahkan oleh pemula sekalipun, serta pemasarannya tidak sulit. 

Pasar utama lele adalah warung pecel lele dan pasar tradisional. Selain tempat tersebut, menu lele dalam berbagai variasi juga mudah dijumpai di beberapa restoran, supermarket, dan industri olahan. Di beberapa sentra budidaya lele, sebagian pembudidaya sudah membuat makanan olahan lele seperti bakso dan nugget lele.

Dengan pengembangan bisnis di bagian hulu, lele yang berukuran besar pun dapat terserap pasar. Sementara itu, untuk pemancingan, lele juga masih sangat berprospek. Lele saat ini pun memiliki peluang untuk masuk ke pasar internasional (ekspor).

Dilihat dari tekstur daging, ukuran, dan kuantitasnya, lele sudah dapat memenuhi persyaratan untuk dijadikan komoditas ekspor. Lele dapat diolah menjadi filet (daging tanpa tulang/duri) beku dan segar.

Lele dapat dipelihara di lahan yang terbatas dan sempit serta mampu hidup di air tergenang. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah atau dak rumah. Luas kolam pembesaran lele di lahan sempit sekitar 4—5 m2.

Kolam seluas 15 mdengan kedalaman air minimal 120 cm bisa ditebar benih lele sebanyak 6.000 ekor. Pada akhir pemeliharaan, dapat menghasilkan lele konsumsi sebanyak 0,5 ton.

Pembesaran lele di lahan sempit ini merupakan solusi dan alternatif usaha bagi mereka yang memiliki lahan sisa, lahan menganggur, dan terbatas di sekitar rumah. Jenis kolam pembesaran lele di lahan sempit dapat dilakukan di kolam beton, tanah, terpal, bak comberan/kubangan, dan drum/toren. Jika Anda tertarik untuk berbudidaya lele di pekarangan, buku Panen Lele di Berbagai Wadah dapat membantu Anda sebagai panduan dalam pengaplikasiannya. Buku ini menjelaskan mulai dari prospek pasar lele, varian wadah pembesaran lele, teknis pembesaran lele secara intensif, hingga panen dan pascapanen.

Sumber : https://www.perikananku.com/keistimewaan-budidaya-lele-bisa-panen-dari-berbagai-waadah/