(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Jenis Ikan Ganas yang Biasa Dipelihara

Admin dkpp | 21 Agustus 2018 | 4820 kali

para pencinta ikan hias biasanya mengoleksi ikan-ikan dengan warna yang indah, cantik, dan menarik. Nah, ada beberapa penghobi ikan hias juga yang memelihara jenis ikan ganas untuk menghiasi akuarium milik mereka. 

Berikut ini 5 jenis ikan predator yang biasanya menghiasi akuarium penghobi ikan hias.

  1. Ikan arwana

Ikan arwana merupakan jenis ikan hias yang sangat populer dan harganya juga sangat tinggi. Arwana adalah ikan predator yang berasal dari Indonesia. Keindahan ikan ini berasal dari warna dan juga bentuk sisik yang seperti ring melingkar di tubuhnya.

Ikan ini juga dikenal dengan keganasannya dan merupakan ikan pemangsa di kawasan air tawar. Ikan arwana ini banyak diekspor ke luar negeri dan karena harganya yang mahal sehingga banyak orang membudidayakan ikan ini untuk bisnis (diperjualbelikan).

  1. Ikan toman red snakehead

Ikan toman merupakan jenis ikan predator yang terdapat pada kawasan air tawar dan ikan ini dikenal dengan keganasannya. Keganasan ikan ini akan sangat terlihat pada saat sedang menjaga anaknya. 

Ikan toman merupakan ikan predator yang dapat tumbuh hingga 1,5 m dan hidup berkelompok. Di luar negeri, ikan ini dikenal juga dengan nama Snakehead karena bentuk kepala ikan ini menyerupai ular.

  1. Ikan belida

Ikan belida merupakan jenis ikan predator yang berada di kawasan air tawar dan merupakan ikan asli dari Indonesia serta banyak terdapat di perairan Indonesia. Ikan ini diberi nama belida karena terdapat pada perairan di daerah Sumatera yang bernama Sungai Belida.

Jenis ikan belida ini juga bukan hanya terdapat di Indonesia, di Thailand juga ada jenis ikan seperti ini namun tidak terlalu populer untuk dijadikan ikan hias. Ikan belida juga memiliki harga jual yang sangat tinggi karena tingkat kelangkaan dari ikan ini sekarang. Jenis ikan ini merupakan jenis ikan predator yang sangat tenang dan lebih banyak memangsa ikan-ikan kecil yang berada di sekitar kawasan atau habitatnya berada.

  1. Ikan aligator

Ikan aligator merupakan jenis ikan predator yang berbahaya jika Anda menemukannya di daerah habitatnya. Jenis ikan aligator ini bukan jenis ikan hias yang dijual secara bebas di pasaran atau penjual ikan biasa. Namun, ada saja penjual yang dengan diam-diam menjual ikan ini kepada pemesan atau penghobi ikan.

Ikan ini memiliki bentuk mulut yang menyerupai buaya dan ikan ini berasal dari Amerika. Untuk peminat ikan aligator ini memang dikenal cukup banyak. Walaupun harganya tidak murah untuk jenis ikan hias, para penghobi ikan hias biasanya akan rela mengeluarkan uang yang banyak untuk dapat memilikinya.

  1. Ikan piranha

Ikan piranha menjadi ikan air tawar yang dapat dikatakan sangat berbahaya jika Anda memasuki kawasan atau habitatnya. Ikan ini dapat memangsa daging dan mencabik-cabiknya dengan gigi tajamnya. Jenis ikan ini juga termasuk ikan yang tidak diperjualbelikan secara bebas.

Ikan piranha sangat berbahaya untuk kawasan perairan yang ditempatinya. Ikan ini juga sangat berbahaya untuk manusia. Habitat asli ikan piranha terdapat di Sungai Amazon, Amerika Selatan. Jenis ikan hias predator ini merupakan ikan yang mudah stres jika dipelihara di akuarium. Namun, tetap saja banyak penghobi ikan yang mencoba untuk memelihara ikan ini.

 

Sumber : https://www.perikananku.com/jenis-ikan-ganas-yang-biasa-dipelihara/