(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Ini Dia Nutrisi Penting untuk Ikan yang Perlu Diperhatikan

Admin dkpp | 23 Oktober 2018 | 27536 kali

Pada budidaya ikan secara intensif, pemberian pakan menjadi sangat penting karena 60—70% biaya produksi adalah untuk pakan. Oleh karena itu, perkembangan tentang nutrisi dan pakan ikan beberapa tahun terakhir sangatlah pesat. Secara kualitatif kebutuhan nutrisi penting untuk ikan kurang lebih hampir sama dengan kebutuhan nutrisi ternak darat lainnya. 

Ikan juga membutuhkan protein (asam-asam amino esensial), asam lemak esensial, mineral, vitamin, dan energi dari berbagai bahan pakan yang dikonsumsi oleh ikan. Nutrisi seimbang pada pakan merupakan faktor penting dalam usaha budidaya ikan. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi untuk ikan harus dipenuhi secara seimbang.

Kebutuhan nutrisi untuk ikan ada 2 kategori, yaitu kebutuhan nutrisi makro dan kebutuhan nutrisi mikro. Berikut ini penjelasannya. 

Kebutuhan nutrisi makro

  1. Protein

Jumlah minimal protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan optimal oleh hampir semua spesies akuatik berkisar antara 27—60%. Beberapa faktor yang memengaruhi kebutuhan protein bagi ikan adalah spesies, ukuran ikan, umur, suhu air, dan kualitas protein.

Setiap jenis ikan memiliki kebutuhan akan protein yang berbeda-beda. Contohnya, ikan bandeng memerlukan 40% protein, ikan nila sebesar 30%, ikan grass carp sebesar 41—43 %, ikan sidat 44%, dan ikan mujair 40%. 

  1. Lemak

Lemak merupakan senyawa organik yang penting baik pada tumbuhan, hewan, dan membran mikroba. Lemak akan mengefisienkan penggunaan protein untuk pertumbuhan. Kebutuhan lemak pada setiap jenis ikan juga berbeda-beda seperti ikan mas sebesar 7,5%, ikan nila 10%, patin jambal 8%, ikan gurame 12%, ikan bandeng 8,5%, dan lain sebagainya.

  1. Karbohidrat

Kemampuan ikan dalam menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi bervariasi. Kebanyakan ikan karnivora memiliki kemampuan terbatas dalam menggunakan karbohidrat dibandingkan dengan ikan herbivora dan omnivora. Karbohidrat yang dapat dicerna, yaitu gula, pati, dekstrin, dan glikogen. 

Kebutuhan nutrisi mikro

  1. Vitamin

Vitamin memegang peranan penting dalam proses metabolisme ikan. Gejala kekurangan vitamin pada ikan antara lain menurunnya nafsu makan, warna ikan abnormal, ikan terlihat gelisah, keseimbangan ikan berkurang, pertumbuhan sirip abnormal, dan ikan mudah terserang bakteri.

  1. Mineral

Elemen-elemen mineral tidak terserap secara mudah, sebagian besar mineral yang dicerna dikeluarkan melalui feses. Penyerapan mineral memerlukan karier protein yang spesifik. Meskipun ikan dapat memperoleh mineral dari lingkungan media pemeliharaan, penambahan mineral melalui pakan dapat meningkatkan pertumbuhan, sintasan, dan kesehatan ikan.

Sumber : https://www.pertanianku.com/ini-dia-nutrisi-penting-untuk-ikan-yang-perlu-diperhatikan/