(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Cara Menanam Moss di Pasir Malang

Admin dkpp | 17 Desember 2018 | 15438 kali

Cara menanam moss di pasir malang merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari oleh penggemar aquascape. Akan ada kepuasan tersendiri apabila moss yang kita tanam berhasil tumbuh dengan subur dan menghiasi akuarium. 

Sebenarnya, semua jenis moss, baik itu peacock, chrismast, java moss maupun jenis lainnya dapat ditanam dengan mudah selama sinar lampu dalam ruangan mencukupi dan kebutuhan akan CO2 bisa terpenuhi. Nah, berikut ini cara menanam moss di pasir malang.

Alat dan bahan

  • Tanaman moss, silahkan pilih jenis moss yang Anda kehendaki untuk diletakkan dalam aquascape, bisa dari moss java, peacock, fire, atau chrismast.
  • Batu, potongan ranting, atau pecahan genting agar permukaan media menjadi datar dan cocok dipakai sebagai foreground.
  • Benang, senar transparan, atau yang warnanya menyesuaikan dengan warna daun.
  • Gunting

    Cara menanam:

    1. Ratakan terlebih dahulu moss pada permukaan batu, ranting, atau pecahan genting. Usahakan saat menyusun moss, tanaman tidak saling bertindih karena nanti permukaan bawahnya akan mengering jika kurang terkana cahaya.
    2. Setelah susunan moss rata pada medianya, Anda harus mengikatnya dengan menggunakan benang atau senar yang sudah disediakan. Ikat secara zig zag agar tidak ada yang mengambang dan merusak tampilan.
    3. Masukkan pasir malang pada akuarium dan tata dengan baik
    4. Letakkan pada permukaan pasir malang yang sudah Anda tata sedemikian rupa.
    5. Setelah 1 hingga 2 bulan, moss akan tumbuh dengan subur dan tampak seperti karpet di dalam akuarium.
    6. Anda juga dapat berkreasi dengan menggunakan kawat ram yang sudah dibentuk sehingga moss akan tumbuh mengikuti bentuk dari kawat ram tersebut, misalnya saja bentuk yang umum dijumpai adalah bentuk jembatan.

Selain membutuhkan cahaya dan CO2 yang berlimpah, untuk dapat tumbuh dengan baik, moss juga membutuhkan suhu air dalam akuarium sebesar 29°C.

Sumber : https://www.pertanianku.com/cara-menanam-moss-di-pasir-malang/