(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Kiat Meningkatkan Kualitas Cabai

Admin dkpp | 30 April 2021 | 715 kali

Semakin tinggi kualitas cabai yang dihasilkan, semakin tinggi pula harga jual yang akan didapatkan. Hasil panen yang berkualitas bisa didapatkan melalui manajemen budidaya yang benar. Selain manajemen budidaya, berikut ini beberapa kiat-kiat yang jarang disadari dapat memengaruhi hasil panen cabai.

Jangan gunakan lahan yang sama secara berulang

Saat memilih lahan yang akan digunakan untuk bertanam cabai, Anda harus memastikan dengan benar riwayat lahan tersebut. Jika lahan yang digunakan merupakan lahan sendiri, Anda perlu mengatur agar pertanaman cabai tidak berlangsung secara terus-menerus pada lahan yang sama.

 

Anda perlu melakukan rotasi dengan jenis tanaman lain untuk memutus siklus patogen berbahaya di dalam tanah. Selain itu, lahan tersebut juga perlu diistirahatkan selama beberapa waktu agar struktur dan unsur tanah dapat pulih kembali. Lahan yang digunakan secara terus-menerus dapat menyebabkan tanah sakit dan tidak optimal lagi.

Gunakan greenhouse apabila memungkinkan

Greenhouse (rumah kaca atau plastik) dapat memengaruhi hasil produksi cabai keriting. Hal ini karena lahan pertanaman cabai lebih terkontrol, terutama terkait drainase dan aerasi. Tanaman cabai juga terlindung dari curah hujan yang tinggi dan bisa menyebabkan tingkat kelembapan di area sekitar pertanaman tinggi. Kondisi tersebut sangat berisiko untuk tanaman cabai karena bisa memicu serangan organisme pengganggu tanaman seperti hama.

Lakukan pemupukan dengan tepat

Pemupukan tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda perlu memerhatikan dosis yang digunakan, waktu pemberian, dan cara pemberian. Sebelum memberikan pupuk, Anda perlu melakukan analisis terlebih dahulu dengan kondisi tanah agar dapat menentukan takaran pupuk yang tepat.

Mengetahui takaran pupuk yang tepat menjadi langkah penting agar tanaman mendapatkan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya. Pasalnya, kekurangan pupuk dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat. Demikian pula halnya dengan kelebihan pupuk, akan membuat tanaman keracunan.

Pengukuran juga perlu dilakukan pada kadar keasaman tanah atau pH. Jika pH tanah tidak sesuai dengan syarat hidup tanaman, sebesar apa pun pupuk yang diberikan tetap tidak akan terserap sempurna oleh tanaman.

Lakukan tindakan pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit

Prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati sangat berlaku untuk Anda yang ingin mendapatkan produksi cabai keriting dengan kualitas super. Penyakit dapat dicegah dengan sanitasi yang baik, seperti sistem drainase dan aerasi yang baik.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/kiat-meningkatkan-kualitas-cabai/