(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Pasokan Mulai Terkendali, Harga Cabai Normal Kembali

Admin dkpp | 07 April 2021 | 146 kali

Volume pasokan cabai ke pasar kembali stabil, kondisi tersebut diikuti dengan pergerakan harga cabai yang sempat melambung kini sudah kembali normal. Hal tersebut karena bantuan pengembangan kawasan serta bantuan benih cabai yang disalurkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) yang sebagian besar ditanam pada akhir 2020. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus meminta kepada jajarannya untuk menjaga stabilitas pasokan agar harga yang diterima petani tidak rendah dan harga jual tidak memberatkan konsumen. Kenaikan harga yang sempat terjadi pada awal 2021 disebabkan oleh daerah sentra budidaya cabai belum memasuki panen sehingga volume pasokan cabai agak terhambat.

“Alhamdulillah sekarang harga cabai sudah normal kembali. Di tingkat petani itu Rp30 ribu/kg. Saya tegaskan bahwa naiknya harga cabai tempo hari karena belum memasuki masa panen di daerah sentra,” tutur Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto seperti dikutip dari laman hortikultura.pertanian.go.id.

 

Saat ini masyarakat sudah tidak perlu khawatir karena harga cabai rawit yang semula menyentuh harga Rp100 ribu/kg di tingkat petani, kini angkanya sudah turun menjadi Rp30ribu/kg.

Banyak petani cabai yang mendapatkan keuntungan ketika harga sedang meroket. Keuntungan tersebut digunakan petani untuk melunasi utang dan kerugian yang terjadi pada musim panen tahun lalu. Mengingat, pada tahun lalu harga komoditas ini sempat jatuh akibat cuaca ekstrem dan pemberlakuan kebijakan PSBB. Supeno, anggota Kelompok Tani Sumber Rejeki mengaku, mampu mendapatkan Rp170 juta dari hasil panen cabai rawit pada lahan seluas 1 hektare. Petani lain, Saimin memprediksi bahwa harga cabai akan terus berangsur turun karena daerah-daerah lain sudah mulai panen.

Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Wastuti Muryati mengungkapkan bahwa kenaikan harga yang terjadi pada beberapa waktu lalu berdampak langsung terhadap pendapatan yang didapatkan petani. Wastuti memprediksi persediaan dan harga cabai pada Ramadan hingga Idulfitri akan stabil.

Sumber : https://www.pertanianku.com/pasokan-mulai-terkendali-harga-cabai-normal-kembali/