(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN PEKARANGAN

Admin dkpp | 13 Juni 2023 | 491 kali

Aneka jenis tanaman sayur dapat menambah asri pekarangan. Menanam sayur dipekarangan memberi manfaat ganda, selain untuk menghias rumah dan menambah nyaman suasana, sayur yang ditanam bisa mencukupi kebutuhan pangan. Beberapa jenis sayur yang dapat ditanam di pekarangan adalah cabai, terong, dan tomat. Berikut merupakan teknik budidaya tanaman cabai, terong dan tomat secara umum:

       Memilih Benih

Benih merupakan kunci dalam budidaya tanaman, pilih benih unggul yang terlihat bersih dan sehat, daya berkecambah diatas 80%. Perhatikan tanggal kadaluarsa dari benih yang akan ditanam. Benih yang sudah kadaluarsa tidak akan tumbuh. Benih dapat dibuat secara mandiri dengan memilih buah dari tanaman yang sehat.  

          Menyemai Benih

Benih yang telah disiapkan disemai pada media semai. Media semai dapat berupa polibag atau tray yang telah berisikan media berupa tanah, kompos dan sekam bakar/sabut kelapa dengan perbandingan 1:1:1. Penyemaian benih dapat dilakukan dengan memasukkan benih ke dalam media tanam atau membuat lubang pada media tanam dengan jarak 5 cm, setelah benih dimasukkan ke media tanam, benih dapat ditutup dengan kompos agar tunas lebih mudah muncul. Tunas akan muncul dalam waktu 5-7 hari pasca semai.

Merawat Bibit

Perawatan benih hingga menjadi bibit siap tanam hingga umurnya 3-4 minggu. Pada waktu ini, bibit biasanya akan membentuk 4-6 helai daun sejati dengan tinggi tanaman mencapai 5-8 cm. Proses penyiraman harus dilakukan secukupnya agar media tanam tidak terlalu kering ataupun terlalu basah yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Bibit dapat disimpan di tempat yang aman agar terhindar dari hama. Pengendalian hama dapat dilakukan dengan perlakukan fisik atau penyemprotan pestisida jika diperlukan.

           Menyiapkan Media Tanam

Bibit tanaman yang akan ditanam harus disiapkan media tanamnya untuk dapat menunjang pertumbuhan tanaman. Media tanam yang digunakan dapat berupa campuran tanah, kompos/pupuk organik, sekam dengan perbandingan 1:1:1 untuk penanaman di polibag. Apabila penanaman dilakukan di lahan langsung, lahan perlu digemburkan dan diberi pupuk dan dapat pula dibuat bedengan untuk mempermudah perawatan.

          Penanaman

Bibit yang telah siap ditanam adalah bibit yang telah tumbuh daun sejati, atau daun telah tumbuh sebanyak 4-6 helai. Bibit dapat ditanam di tanah langsung atau dalam polibag dengan ukuran minimal 30 cm. Penanaman juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol plastik, ban bekas, sampah kemasan plastik tebal, dan lain sebagainya.


Pemeliharaan

Agar tanaman tumbuh dengan baik perlu dilakukan pemeriksaan secara teratur untuk mengetahui kondisi tanaman, pastikan tanaman mendapat sinar matahari dan unsur hara yang cukup. Pemeliharaan tanaman 

           Pemanenan

Tanaman cabai, terong dan tomat dapat mulai dipanen pada usia 3 bulan. Panen dilakukan saat buah cabai, terong dan tomat menunjukkan kematangan secara fisiologis cabai dan tomat akan berwarna merah saat matang, sedangkan untuk terong sangat ditentukan oleh jenis terong yang ditanam