(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

5 Jenis Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan

Admin dkpp | 11 April 2018 | 51753 kali

Usaha budidaya ikan air tawar yang menguntungkan tidak terlepas dari peran pembudidaya itu sendiri. Banyak sekali yang mencari apakah jenis ikan air tawar yang menguntungkan saat ini. Apalagi budidaya tersebut bisa dilakuakan di tempat yang sempit atau kecil. 

Sebenarnya indikator seberapa menguntungkan budidaya ikan air tawar adalah bgaimana cara perawatannya dan juga yang paling penting adalah pangsa pasar yang jelas. 

Untuk itu, jika anda akan memilih jenis usaha budidaya ikan air tawar yang menguntungkan bisa memilih referensi di bawah ini :

1. Budidaya Ikan Lele 

Ikan lele masih menjadi primadona. Pangsa pasar yang luas, pemeliharaan yang mudah dan bisa di budidayakan pada lahan yang sempit. 

Untuk anda para pemula, modal untuk membuka usaha lele ini sangat kecil. Dengan modal 1jutaan anda sudah dapat memulainya.

2. Budidaya Ikan Nila 

Salah satu pesaing lele adalah ikan nila. Ikan ini sangat di gemari oleh masyarakat. Dan bisanya akan selalu habis dipasaran. 

Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara. Dan merupakan ikan yang tahan banting. Anda para pemula sangat cocok untuk membudidayakan ikan jenis ini. Karena pakan dan perawatannya sangat mudah.

3. Budidaya Belut 

Belut saat ini menjadi primadona dan banyak di cari oleh pelanggan penggemar ikan. 
Selain sebagai obat, ikan ini juga memiliki rasa yang khas. 

Tingginya harga belut per kilo bisa anda manfaatkan sebagi usaha bukan ?

4. Budidaya Udang Galah 

Udang galah menjadi budidaya yang lagi trend. Karena rasa udang ini sangat di gemari sehingga banyak permintaan dari konsumen. Harganya pun mahal. 

Untuk membudidayakannya anda bisa menggunakan media kolam terpal. 

5. Budidaya Gurame

Hampir semua mengatakan bahwa budidaya ikan gurame selalu menguntungkan. Hal ini di dasari karena pakan ikan ini sangat murah meriah 

Namun kendala utamanya adalah waktu panen yang sangat lama sehingga banyak yang kurang tertarik untuk membudidayakan-nya.