(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Tips Menghemat Biaya Produksi Budidaya Cabai

Admin dkpp | 30 April 2021 | 560 kali

Budidaya cabai membutuhkan modal yang terbilang cukup besar. Untuk budidaya cabai pada satu hektare lahan, memerlukan modal hingga puluhan juta. Agar modal yang dimiliki dapat digunakan secara efisien, Anda bisa melakukan beberapa tips menghemat biaya produksi. Tips ini juga dapat berguna untuk meningkatkan hasil produksi cabai.

Gunakan lahan yang tepat

Pemilihan lokasi yang tepat dapat membuat biaya produksi yang dikeluarkan menjadi lebih hemat. Misalnya, lokasi dengan sumber air yang memadai dapat membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu menyediakan air bersih untuk persemaian, penanaman, dan pemeliharaan. Selain itu, lahan yang dekat dengan sarana transportasi juga dapat menguntungkan karena proses pengiriman dari satu lahan ke lahan lainnya berjalan lebih efektif.

 

Anda juga perlu memerhatikan seberapa besar kendala abiotik dan biotik dari lahan yang akan digunakan. Cek riwayat penggunaan dan keberadaan tanaman di sekeliling lahan tersebut.

Tentukan waktu tanam yang tepat

Penanaman yang dilakukan pada waktu yang tepat menjadi salah satu kunci untuk menekan biaya produksi cabai. Indonesia mengalami dua musim tiap tahunnya, yakni musim kemarau dan musim hujan. Penentuan waktu tanam yang tepat pada kedua musim tersebut dapat memudahkan petani untuk mengatasi permasalahan ketersediaan air dan gangguan organisme pengganggu tanaman.

Bijak dalam menggunakan benih

Penggunaan benih harus dilakukan dengan bijak dan hati-hati agar tidak terjadi pemborosan yang menyebabkan biaya untuk pembelian benih membengkak. Terlebih lagi jika benih yang digunakan merupakan benih hibrida yang lebih mahal. Pastikan benih yang dibeli adalah benih asli dengan daya kecambah yang bagus.

Anda juga dapat menekan biaya produksi dengan menggunakan benih sendiri. Namun, benih tersebut tidak bisa dihasilkan dari varietas cabai hibrida.

Gunakan mulsa

Mulsa plastik memang akan memberatkan modal awal petani. Akan tetapi, sebenarnya mulsa tersebut sangat berguna untuk mengendalikan pertumbuhan gulma. Dengan begitu, mulsa dapat menekan biaya tenaga kerja untuk penyiangan gulma. Selain itu, mulsa juga berguna untuk mengurangi pemberian pestisida, fungisida, dan akarisida karena tanaman tidak rentan diserang organisme pengganggu tanaman.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/tips-menghemat-biaya-produksi-budidaya-cabai/