(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

KKP Tanam 1.000 Bibit Indigofera untuk Mendukung Produksi Pakan Mandiri

Admin dkpp | 12 November 2021 | 185 kali

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi menanam 1.000 bibit indigofera dan menyalurkan bantuan benih ikan sebanyak 838.000 ekor.

Indigofera merupakan salah satu tanaman yang digunakan untuk membuat pakan ikan. Oleh karena itu, DJPB berharap Indonesia dapat lebih mandiri memproduksi pakan sendiri.

“Produksi perikanan budidaya harus terus kita kembangkan guna memenuhi kebutuhan pangan dan menggerakkan ekonomi nasional. Selain itu, margin atau keuntungan di level pembudidaya tersebut juga dapat ditingkatkan lagi, salah satunya melalui Gerakan Pakan Ikan Mandiri (Gerpari),” tutur Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb. Haeru Rahayu seperti dilansir dari laman kkp.go.id.

Pakan menjadi salah satu komponen terpenting dalam kegiatan usaha budidaya ikan. Oleh karenanya, produksi pakan menjadi salah satu program prioritas KKP untuk mendukung peningkatan produksi dan keberlanjutan usaha budidaya masyarakat.

Indonesia sangat berpotensi untuk memproduksi pakan sendiri karena ada banyak sumber bahan baku lokal yang dapat dimanfaatkan. Misalnya, tanaman leguminosa atau lebih dikenal dengan indigofera.

Beberapa referensi menyebutkan indigofera mengandung protein nabati sekitar 28,59 persen. Selain itu, juga mengandung beberapa nutrien yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan.

“Saya berharap terus bermunculan pakan-pakan mandiri yang di dalam pembuatannya menggunakan bahan baku lokal,” ungkap Tb. Haeru.

Tb. Haeru menjelaskan, bila pembudidaya mampu memproduksi pakan dan benih ikan secara mandiri, pembudidaya bisa mendapatkan untung yang lebih besar. Hal ini sejalan dengan program yang sedang dikembangkan oleh KKP di subsektor perikanan budidaya, yakni Kampung Perikanan budidaya berbasis kearifan lokal dan Ekonomi Biru.

Sejalan dengan konsep Ekonomi Biru terobosan KKP, BPBAT Sungai Gelam mulai menanam bibit indigofera sebagai bahan baku pakan ikan mandiri. Ekonomi Biru mengedepankan pembangunan perikanan budidaya ikan yang memperhatikan keberlangsungan usaha dan dampak ekosistem di sekitar.

“Kami lakukan pembibitan untuk perbanyakan indigofera ini sebagai salah satu alternatif bahan baku pakan ikan yang ke depannya diharapkan bisa mensubstitusi kedelai dan sumber protein lain,” papar Kepala BPBAT Sungai Gelam, Boyun Handoyo.

Sumber : https://www.pertanianku.com/kkp-tanam-1-000-bibit-indigofera-untuk-mendukung-produksi-pakan-mandiri/