(0362) 21440 dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan  Perikanan
Manfaat Sagu untuk Kesehatan Tubuh
Admin dkpp | 10 Juni 2021 | Dibaca 12 kali

 

Sagu adalah hasil olahan yang diperoleh dari batang rumbia atau pohon sagu (Metroxylon sagu Rottb.), bentuknya menyerupai tepung dengan karakteristik yang menyerupai tepung tapioka. Sagu sendiri sudah menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia Timur, terutama di Papua dan Maluku. Tak hanya mengenyangkan, manfaat sagu juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Kandungan nutrisi di dalam sagu terbilang cukup lengkap. Sagu mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, bahan pangan ini juga mengandung protein, mineral, dan vitamin meski jumlahnya tidak begitu banyak.

Dalam setiap 100 gram sagu kering terdapat 94 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10 mg kalsium, 1,2 mg zat besi, dan 355 kalori. Oleh karena itu, sagu bisa digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh. Walaupun kandungan mineral dan vitaminnya tidak begitu tinggi, sagu tetap bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Berikut ini beberapa manfaat sagu untuk kesehatan tubuh.

Menambah stamina

Minuman yang mengandung sagu dan dicampur dengan protein kedelai dapat menjadi sumber stamina bagi Anda yang tengah menjalani kegiatan sehari-hari yang begitu padat. Selain itu, minuman tersebut juga bisa mengatasi rasa lelah setelah beraktivitas.

Meningkatkan kepadatan tulang

Sagu dapat mengurangi risiko terjadinya osteoporosis dan mencegah peradangan di dalam tubuh. Hal ini karena sagu dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Menaikkan berat badan

Anda dapat menggunakan sagu untuk menaikkan berat badan penderita mal nutrisi atau kekurangan gizi.

Melancarkan pencernaan dan mengobati asam lambung

Di dalam sagu terdapat serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan menyeimbangkan lingkungan tempat tumbuhnya bakteri baik di usus.

Menjaga kesehatan otot

Sagu dapat mempercepat pemulihan otot yang sedang kelelahan, pertumbuhan, dan perbaikan kerusakan otot yang berlangsung cukup cepat.

Mengandung antioksidan

 

Sagu dapat mencegah kanker dan penyakit jantung, membantu tubuh melawan paparan radikal bebas berlebihan yang berpotensi menyebabkan penuaan dini hingga kerusakan sel-sel saraf.

Sumber : https://www.pertanianku.com/manfaat-sagu-untuk-kesehatan-tubuh/

Share Berita Ini :