(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Penyakit Ikan yang Disebabkan oleh Trematoda

Admin dkpp | 24 Februari 2020 | 3317 kali

Trematoda merupakan golongan cacing pipih yang kerap menyerang dan menginfeksi bagian insang, sirip, dan kulit ikan. Ada beberapa penyakit ikan yang disebabkan oleh trematoda menjadi sangat parah karena sudah menginfeksi bagian uretra, rectum, atau saluran pembuluh darah. 

Bila sudah terjadi secara epidemik, tingkat kematian menjadi sangat tinggi dan tidak bisa dihindari. Penyakit ikan ini biasanya menyerang ikan yang dibudidayakan dengan tebaran yang terlalu padat dan sanitasi serta kualitas perairan budidaya yang tidak baik. Trematoda yang kerap menyerang ikan adalah Dactylogyrus sp. dan Gyrodactylus sp. Berikut ini ulasan penyakit yang disebabkan oleh kedua trematoda tersebut.

Dactylogyrus sp.

Dactylogyrus sp. merupakan cacing renik yang memiliki siklus hidup sederhana, bersifat hermaprodit, dan berbulu getar. Di kolam budidaya, biasanya larva tersebut berenang hingga menemukan inangnya berupa ikan budidaya. Saat sudah menemukan inang, larva akan menempelkan jangkarnya pada organ insang. Ikan yang terkena larva tersebut memiliki gejala gangguan dalam berenang dan tubuhnya melemas.

Jika infeksi yang terjadi sudah cukup parah, ikan akan kesulitan menyerap oksigen. Saat serangan sudah semakin akut, bagian insang akan terlihat berdarah, dan kulit berlendir serta berubah warna menjadi pucat. Hal tersebut dikarenakan larva menyerang bagian sekresi mukus secara berlebihan.

Gyrodactylus  sp.

Gyridactylus sp. kerap dijumpai pada permukaan tubuh dan sirip ikan. Trematoda yang satu ini sangat cepat berkembang biak, terutama pada sistem budidaya yang menggunakan resirkulasi tertutup. Ikan yang terserang trematoda jenis ini akan tampak tubuhnya seperti lemas, tidak banyak bergerak, kulitnya mengeluarkan banyak lendir, berenang di dekat permukaan, sisiknya terkelupas jika infeksi terjadi pada kulit, dan siripnya menguncup. Pengobatan yang bisa dilakukan akibat kedua jenis trematoda ini adalah dengan merendam ikan ke dalam larutan formalin 25 ppm atau diberikan garam dapur 40 mg/liter selama 24 jam. Anda juga bisa merendam ikan ke dalam larutan PK 5 mg/liter selama 30 menit, atau merendam ikan ke dalam larutan methylen blue 1 gram/m3.

Sumber : https://www.pertanianku.com/penyakit-ikan-yang-disebabkan-oleh-trematoda/