(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

LOMBA PERAHU LAYAR

Admin dkpp | 23 Agustus 2013 | 953 kali

Dalam  rangka memeriahkan HUT RI ke-68 Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng menyelenggarakan  kegiatan Lomba Perahu Layar pada hari Kamis (22/08) dengan start di pantai Kerobokan Kecamatan Sawan dan Finish di pantai Binaria Lovina Desa Kalibukbuk.

Dalam sambutannya, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana memberi apresiasi kepada para peserta lomba dari 7 (tujuh) kecamatan yang begitu antusias, dimana tahun ini jumlah peserta meningkat menjadi 100 jukung dibandingkan tahun lalu dan diharapkan penyelenggaraan tahun depan dapat ditingkatkan lagi termasuk hadiahnya.

Sebelum melepas lomba Bupati menebar bibit ikan nila sebanyak 10.000 ekor di sungai untuk meningkatkan potensi sumber daya ikan di sungai Desa Kerobokan. Selain itu diserahkan bantuan kepada kelompok-kelompok nelayan, pembudidaya dan pelestari lingkungan perairan serta pelepasan calon taruna taruni Sekolah Tinggi Perikanan sebanyak 17 orang  yang berasal dari rayon daerah Buleleng untuk berangkat ke Jakarta.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng Ir. Nyoman Sutrisna, MM mengharapkan lomba itu selain memberi hiburan juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi bahari Buleleng yang sekaligus mempromosikannya sebagai atraksi wisata yang menarik.

Lomba perahu layar yang ditonton oleh ribuan masyarakat itu diawali dengan pelepasan balon oleh Bupati Buleleng di tengah laut.

Setelah dievaluasi oleh tim juri akhirnya didapatkan para juara dimana kelompok nelayan Bhineka Samudra Kecamatan Sawan yang dikemudikan Edi Kasim dan Idris Efendi berhasil meraih juara pertama dengan catatan waktu 1 jam, 31 menit, 07 detik dengan hadiah uang tunai Rp. 5.500.000,- + piala + piagam + TV LCD 21” kemudian disusul oleh kelompok nelayan Sinar Bahari Kecamatan Banjar yang dikemudikan Untung Sulaiman dan Samsudin Sam sebagai juara kedua dengan hadiah uang tunai Rp. 4.500.000,- + piala + piagam + TV Akari 21”, sebagai posisi ke-3 diraih oleh Rahmat Hidayat dan Ardiansyah pasangan kelompok nelayan Sinar Bahari dengan hadiah uang tunai Rp. 3.500.000,- + piala + piagam + TV 21”. Selain juara I, II, dan III dibagikan juga hadiah untuk juara harapan I, II, dan III.

Untuk menarik perhatian peserta panitia memberikan hadiah door price untuk 25 nomor bernilai masing-masing Rp. 200.000,- dan door price yang hadiahnya dari partisipasi para sponsor dengan cara undian nomor peserta yang masuk finish kecuali peserta yang mendapat juara I, II, III dan harapan I, II, III.

Pada kesempatan itu pula Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Desa Pekraman Kerobokan dan Pramuka Saka Bahari mengadakan lomba kano untuk merebut hadiah juara I berupa TV 21”, Juara II Dispenser, juara III blender dan harapan I berupa speaker aktif, yang akhirnya dimenangkan oleh Kadek Rudy (juara I), Sumanasa (juara II), Kadek Adi Wismana (juara III), dan juara harapan diraih oleh Masta.(panitia)