(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Kualitas Ikan Patin Indonesia Berstandar Internasional

Admin dkpp | 07 November 2019 | 659 kali

Ikan patin Indonesia memiliki kualitas yang lebih dibanding negara lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI), M. Suhadi. Patin Indonesia merupakan patin probiotik yang dibudidayakan di kolam dengan air tanah yang bersih, dan dengan kepadatan yang lebih rendah dibandingkan negara lain. 

“Kalau ikan patin negara lain itu ada yang diolah dengan kandungan fospat tinggi, dan sebagainya,” ujar Suhadi mengutip dari Jitunews.com, Kamis (22/11).

Ia menuturkan, saat ini patin sudah sangat terkenal sekali di masyarakat. Namun, sayangnya belum punya branding yang kuat. 

“Intinya yang dikenal selama ini adalah dori. Padahal, itu adalah ikan patin. Nah, branding Indonesian Pangasius ini sendiri melibatkan beberapa tenaga ahli termasuk dari Belanda dan Indonesia. Harapannya, guna memenuhi ekspor ke Amerika,” kata Suhadi.

Ia menambahkan, “Ikan patin Indonesia sendiri saat ini memiliki potensi ekspor yang besar pasca-Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) melarang impor ikan patin Vietnam karena dinilai berbahaya.”

Lebih jauh, Suhadi pun tak menampik bahwa hingga kini produksi patin Indonesia belum dapat mengalahkan Vietnam. Namun meski begitu, ke depan, pihaknya akan mengembangkan budidaya patin agar mampu memenuhi kebutuhan ekspor tahun depan.

“Ketersediaan benih ikan patin saat ini masih kurang untuk budidaya, ini yang sedang kami dorong. Saat ini, ikan patin sendiri banyak dibudidayakan di perairan Kalimantan, Sumatera, Jawa. Memang belum sebanyak Vietnam produksi kita, tapi sebetulnya kita punya potensi besar untuk mengembangkannya,” tuturnya.

Menyoal produk Indonesian Pangisius sendiri, kata Suhadi, sangatlah beragam. Mulai dari filletfish skin atau kulit ikan, dan berbagai produk olahan lainnya. “Produknya macam-macam, banyak produk olahan dari ikan patin, ada tepung ikan yang di-fillet, ikan fillet-nya, dan lainnya. Ikan ini sudah terserap di dalam negeri sudah lama, ikan segar dalam bentuk fillet juga sudah tersebar di dalam negeri. Tapi ya itu, orang tahunya ikan dori, makanya kita kenalkan brand Indonesian Pangasius,” tutur Suhadi.