(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

DUTA OASE SOSIALISASIKAN POLA ASUH BEBRBASIS KARAKTER

Admin dkpp | 09 September 2015 | 462 kali

Pendidikan karakter Bangsa akan menentukan nasib Bangsa itu sendiri. Pembentukan karakter Bangsa yang lebih baik, bisa diperoleh melalui pola asuh ramah otak. Kepedulian terhadap pentingnya pembentukan karakter bangsa, Duta Oase sekaligus Wakil Sekretaris Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng, Nyonya Janarti Sutrisna mengadakan sosialisasi dengan tema “Pola Asuh Berbasis Karakter”.

Sosialisasi yang diadakan pada hari Selasa (8/9) Jam 09.00 Wita, bertempat di ruang rapat Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng. Sosialisasi  tersebut diikuti oleh pegawai dan anggota DWP Unit Diskanla Kabupaten Buleleng.

Nyonya Janarti Sutrisna selaku Duta Oase sekaligus narasumber dalam paparannya mengatakan,  bahwa pentingnya memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pola asuh ramah otak. Selanjutnya disampaikan, dengan cara memberikan rangsangan positif pada otak melalui cinta, rasa aman, sentuhan, perilaku positif dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak pada anak, terutama usia 0-6 tahun. “dengan pola asuh ramah otak, perkembangan otak yang baik dan positif bisa meningkatkan kreatifitas, kemandirian, kewirausahaan,” imbuhnya.

Selain itu disebutkan pula, untuk membentuk karakter anak diperlukan komunikasi yang positif, membentuk kelekatan ibu sejak dini, dan pendampingan orang tua pada anak. Disela-sela pemaparan, rasa haru yang mendalam dari audiens, bahkan ada peserta yang sampai meneteskan air mata, setelah ditayangkan video tentang dialog bayi dengan Tuhan sebelum lahir kedunia. (adm)