(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Peringati Rahinan Tumpek Landep, Kantor DKPP Buleleng Melaksanakan Piodalan Ring Padmasana

Admin dkpp | 03 Februari 2024 | 93 kali

Persembahyangan Bersama serangkaian Piodalan Padmasana Kantor DKPP Buleleng yang bertepatan dengan Rahinan Tumpek Landep.Adapun Tujuan Persembahyangan ini untuk memohon waranugraha kepada Ida Shang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa untuk mengasah ketajaman pikiran (landeping idep). Dengan pikiran yang tajam kita melakukan puja syukur terhadap suatu peralatan atau teknologi tersebut agar dapat menjadi produktif, tepat guna, dan bermanfaat bagi kehidupan. Piodalan Tumpek Landep dilakukan setiap 6 bulan diperingati saat Saniscara Kliwon wuku Landep.

Menurut keyakinan umat Hindu di Bali, Tumpek Landep diperingati sebagai momen untuk pemujaan terhadap Bhatara Siwa dalam manifestasi-Nya sebagai Sanghyang Pasupati. Pada hari ini, umat Hindu mengupacarai berbagai benda tajam, senjata atau peralatan atau perkakas lainnya, terutama yang terbuat dari logam atau besi. Umat Hindu di Bali memaknai Tumpek Landep secara lebih luas, yakni mengupacarai berbagai alat yang membantu kehidupan mereka sehari-hari seperti motor hingga mobil. Selain itu, dalam tataran filosofis, Tumpek Landep sebagaimana disinggung dalam lontar Sundarigama pada hakikatnya bertujuan untuk mengasah ketajaman pikiran (landeping idep).

kegiatan Piodalan Tumpek Landep pada hari raya Tumpek Landep yang bertepatan piodalan Ring Padmasana Kantor DKPP Buleleng, yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali untuk melakukan upacara piodalan daripada pujawali Bhatara Siwa dalam manifestasi-Nya sebagai Sanghyang Pasupati,  maka seluruh pegawai DKPP Buleleng  ikut serta dalam menghaturkan atau melakukan persembahyangan Bersama dengan tujuan agar seluruh Pegawai dalam keadaan selamat dan diberikan kerahayuan dalam melakukan aktivitas yang dilakukan sehari-hari dan senantiasa selalu berharap yang baik disegala kegiatan  yang kita lakukan.