(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Tim Satgas Ketahanan Pangan Daerah Pemantauan Komoditas Pangan di Beberapa Petani / Pelaku Usaha Tanaman Pangan

Admin dkpp | 01 November 2023 | 79 kali

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng sebagai Tim Satgas Ketahanan Pangan Daerah pemantauan komoditas pangan di beberapa petani / pelaku usaha tanaman pangan pada hari Rabu, 1 Nopember 2023 yang dihadiri Analis Ketahanan Pangan DKPP Buleleng (Ni Made Atmadewi, S.P., M.A.P), dan jajaran anggota Tim Satgas Ketahanan Pangan Buleleng dari beberapa instansi/lembaga terkait. Adapun laporan hasil pemantauan yaitu diantaranya :
1) Pak Widi :
- Lahan Tanaman Cabai seluas 15 are, usia tanam 1 bulan
- Bantuan bibit di Desa Penglatan dari BI sebanyak 6.300 pohon untuk penanggulangan inflasi. Bapak Widi sendiri dapat 2.500 pohon. Jenis Ori dipilih yang toleran terhadap hama penyakit.
2) Pak Karya :
- Luas tanam 8 are, Bibit tanaman bantuan dari BI
- Desa Sari Mekar mendapat bantuan bibit dari BI sebanyak 3.300
3) Made Widiada
Menanam sebanyak 1.200 pohon dan sudah 3x tanam ulang karena gagal tumbuh. Diperkirakan mulai panen pertama pada bulan Desember karena kendala air sehingga petani sekarang menyiram tanaman menggunakan air pet/keran dan itu menyebabkan biaya produksi bisa tinggi.
4) Berkunjung ke petani tentara, dimana proses penanaman dibantu oleh TNI namun bibit bersumber dari swadaya.
Melalui pemantauan ini, diharapkan hasil produksi tanaman pangan dari lahan masing-masing petani/pelaku usaha bisa sesuai yang diharapkan.