(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Pemantauan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Petani Bawang Merah desa Bungkulan

Admin dkpp | 07 Mei 2024 | 88 kali

Selasa, 7 Mei 2024
Tim Satuan Tugas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng melaksanakan Pemantauan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Petani Bawang Merah desa Bungkulan, Kecamatan Sawan dan Distributor Minyak Goreng Sumber Hasil, yang dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng (I Gede Putra Aryana, S.Sos., MAP), Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan DKPP Buleleng (drh. I Wayan Susila), Fungsional Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda DKPP Buleleng (Ni Made Atmadewi, SP., MAP) turut hadir pula Anggota Tim Satgas Pangan dari unsur TNI, Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Dinas Perdaganan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng beserta staf terkait. Adapun hasil dari pemantauan adalah sebagai berikut :
1. Tim satgas pangan melalukan pemantauan ke Petani Bawang Merah di Bungkulan, lahan milik Bapak Made Astawa, diinfokan beliau akan mulai menanam kembali sekitar 3hr kedepan, untuk bawang yang sudah tanam diperkirakan akan panen pada bulan Juni, diinfokan juga oleh beliau bahwa bawang merah bali banyak keluar khususnya ke pulau jawa karena di pulau jawa petani bawang banyak yang gagal panen.
2. Bawang merah yang ditanam ditumpangsarikan dengan cabai besar, tomat dan bunga gumitir. Bapak Astawa juga bercerita bahwa lebih baik menjual kepada pengepul langganan nya karena konsisten dalam pengambilan dan di beli sesuai dengan harga pasar.
3. Kendala dalam tanam bawang merah ini banyak hama khususnya kupu2 dan penyakit yang menyebabkan bawang merah tidak mencapai target produksi. 10 are menghasilkan+/- 1 ton bawang jika 10 are biaya nya 2,5jt dengan harga sekarang 40rb per kg maka petani mendapatkan keuntungan 1,5jt dalam 10 are tanam.
4. Pasokan Minyak Goreng di Distributor Sumber Hasil dalam kondisi aman.
"Jiwa dan Hati DKPP.. Bersama Kita Bisa"