(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng melaksanakan Pemantauan Stabilisasi Pasokan dan Harga Komoditas Pangan Pokok

Admin dkpp | 13 Maret 2024 | 72 kali

Rabu, 13 Maret 2024
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng melaksanakan Pemantauan Stabilisasi Pasokan dan Harga Komoditas Pangan Pokok di para pedagang Pasar Anyar dan Pasar Banyuasri yang dihadiri Analis Ketahanan Pangan DKPP Buleleng (Ni Made Atmadewi, S.P., M.A.P) beserta staf, dan turut hadir masing - masing perwakilan instansi terkait. Berikut merupakan data hasil kegiatan pemantauan ini :
1) Banyak pedagang yg belum mengetahui adanya relaksasi HET (Harga Eceran Tertinggi) untuk Beras Premium dan pedagang masih menjual Beras stok lama sehingga harga Beras Premium masih terpantau belum mengalami penurunan yaitu dikisaran Rp.78.000/5 Kg.
2) Relaksasi HET Beras Premium untuk wilayah Bali dan sekitarnya yaitu Rp.14.900 dari yang awalnya HET Beras sebesar Rp.13.900, hal ini merupakan upaya mencermati kondisi ketersediaan, pasokan dan harga beras premium di pasar tradisional dan retail modern serta adanya peningkatan kebutuhan beras di periode awal Ramadhan 1445 H/2024. Relaksasi HET Beras Premium ini mulai berlaku dari tanggal 10 Maret s.d. 23 Maret 2024, setelah itu harga Beras Premium akan kembali mengikuti HET Beras sesuai Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 7 Tahun 2023 tentang HET Beras
3) Harga bahan pangan pokok relatif normal dan ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga, namun untuk Cabai Rawit sedikit mengalami kenaikan harga.
"Jiwa dan Hati DKPP.. Bersama Kita Bisa"