(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Dalam rangka menyambut HUT Kota Singaraja ke 420 DKPP Buleleng Melakukan Pelatihan Olahan Pangan Lokal di Desa Bestala

Admin dkpp | 26 Maret 2024 | 99 kali

Selasa, 26 Maret 2024
Dalam rangka menyambut HUT Kota Singaraja ke 420, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan DKPP Berbagi “Ilmu” melalui Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan melakukan Pelatihan Olahan Pangan Lokal di Desa Bestala, Kecamatan Seririt. Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Fungsional Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda DKPP Buleleng (Ni Made Atmadewi, SP., MAP) dan (Nyoman Sukerni, SH., M. Pd) beserta staf terkait dan perwakilan dari Ibu-ibu PKK Desa Bestala. Adapun kegiatan ini dilaksanakan agar Bahan Pangan Lokal memiliki daya jual lebih tinggi dan Ibu Rumah Tangga memiliki penghasilan yang diharapkan dapat membantu perekenomian Keluarga.
Ada tiga macam olahan pangan yang dibuat dalam kegiatan ini diantaranya adalah (1) Olahan Ikan Tuna menjadi Abon Ikan Tuna. Yang diketahui ikan tuna mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh seperti Vitamin D, Kalsium, Kalium, Kolin, Vitamin B dan fosfor. (2) Olahan Talas menjadi Talas Balado, yang diketahui talas memiliki kandungan serat yang penting bagi nutrisi tubuh yang dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. (3) Olahan Ubi menjadi Carang Mas/Cakar Ayam. Diketahui snack cakar ayam sangat digemari oleh masyarakat dan dari ubi sendiri memiliki banyak kandungan gizi diantaranya Vitamin A dan Vitamin B serta zat antioksidan. Selain itu didalam ubi mengandung gizi yang utama yaitu pati.
Dengan pengolahan secara kreatif oleh ibu-ibu PKK Desa Bestala dengan memanfaatkan sumber pangan Lokal yang ada di Desa Bestala diharapkan dapat dijadikan sebuah kreatifitas yang dapat memenuhi kebutuhan makanan serta menopang ekonomi petani lokal, tentu dengan pengolahan secara kreatif diharapkan dapat menjadikan olahan pangan lokal menarik minat masyarakat serta meningkatkan daya jualnya.
"Jiwa dan Hati DKPP.. Berssma Kita Bisa"