(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Melaksanakan Studi Tiru Mengenai Desa Mandiri Pangan yang berlokasi di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

Admin dkpp | 29 Juni 2022 | 39 kali

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng melalui Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan melaksanakan Studi Tiru Mengenai Desa Mandiri Pangan yang berlokasi di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari Rabu, 29 Juni 2022. Studi Tiru kali ini dihadiri oleh Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan (drh. I Wayan Susila) yang didampingi Analis Ketahanan Pangan DKPP Buleleng dan Staf terkait, serta kedatangan DKPP Buleleng disambut baik oleh jajaran terkait dari SKPD dan Perangkat Desa setempat.
Desa Muntuk merupakan Desa Prioritas 1 pada Tahun 2006, serta dalam Peta Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) termasuk kategori Desa Rentan Pangan, sehingga Pemda setempat membentuk Tim Kelompok Afinitas, Lembaga Keuangan Desa (LKD), Tim Pangan Desa, dan pendamping dari Pemerintah Kab. Bantul guna menjadikan Desa Muntuk sebagai Desa Mandiri Pangan dan telah melalui tahapan-tahapan yaitu :
- Tahun 2006, Tahap Persiapan;
- Tahun 2007, Tahap Penumbuhan;
- Tahun 2008, Tahap Pengembangan;
- Tahun 2009, Tahap Kemandirian;
- Tahun 2010, mendapat Bantuan Hibah kembali;
- Tahun 2015, sudah bisa membentuk Koperasi berbadan hukum yang ditujukan kepada LKD lainnya, sehingga sampai saat ini di Kabupaten Bantul terdapat 23 Desa Mandiri Pangan.
Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan DKPP Buleleng juga berkesempatan mendatangi Pasar Pangan dan Kerajinan Lokal setempat.
"Jiwa dan Hati DKPP.. Bersama Kita Bisa"