(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Pendataan Neraca Bahan Makanan dan Mengecek Program Ketahanan Pangan Melakukan Budidaya Ikan Lele Merupakan Salah Satu Ikan Kaya Gizi dan Bernilai Ekonomi Tinggi

Admin dkpp | 16 Januari 2024 | 98 kali

Selasa, 16 Januari 2024
Dinas ketahanan pangan dan perikanan kabupaten buleleng melalu Bidang Ketersediaan dan Kerawanan pangan melaksanakan Pendataan Neraca Bahan Makanan di desa Giri Emas dan Desa Bungkulan Kecamatan Sawan yang dilaksanakan oleh Analis Ketahanan Pangan Ahli muda, Ni Made Atmadewi, SP, MAP beserta staf terkait. Pendataan Neraca Bahan Makanan ini bertujuan untuk memantau ketersediaan pangan di kedua Desa tersebut berdasarkan aspek penyediaan dan pemanfaatan pangannya.
Dari hasil pendataan yg telah dilaksanakan kondisi ketersediaan/stok pada beberapa komoditas Pangan masih aman, stabil dan terkendali, begitu juga dengan harga pada beberapa komoditas pangan serta keterjangkauan pangan atau akses terhadap pangan di Desa Giri Emas dan Desa Bungkulan Kecamatan Sawan untuk saat ini aman dan tercukupi. Pemerintah Desa Giri Emas dan Bungkulan telah melaksanakan program ketahanan pangan sesuai arahan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) yaitu 20 persen Dana Desa yang digunakan untuk mendorong ketahanan pangan nasional dalam upaya untuk menekan kemiskinan serta penurunan angka stunting di setiap daerah. Melalui kebijakan ini diharapkan Pemerintah Desa dapat melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan potensi desanya.
Desa Giri Emas membuat program ketahanan pangan dengan melakukan budidaya ikan lele yang merupakan salah satu ikan dengan kaya gizi dan bernilai ekonomi tinggi karena kecukupan protein hewani menjadi prasyarat Desa bebas stunting. Limbah dari budidaya ikan lele ini dijadikan pupuk untuk kebun program KWT Giri Emas Makenyem yang juga diberikan bantuan bibit cabai dan terong oleh pemerintah Desa Giri Emas. Dan untuk program ketahanan pangan Desa Bungkulan memberikan bantuan bibit Padi untuk semua usaha Subak serta Jalan Usaha Tani untuk memudahkan transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian.
"Jiwa dan Hati DKPP.. Bersama Kita Bisa"