(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Udang Masih Jadi Primadona Ekspor Hasil Perikanan Indonesia

Admin dkpp | 07 Januari 2019 | 1062 kali

Komoditas udang masih menjadi primadona ekspor hasil perikanan Indonesia. Demikian penuturan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Berdasarkan catatan KKP ekspor udang akan menembus US$1,8 miliar atau sekitar Rp26,3 triliun hingga akhir tahun ini. Total ekspor perikanan mencapai US$5 miliar atau Rp73 triliun dengan tujuan pasar utamanya adalah Amerika Serikat. 

“Ekspor udang masih menjadi primadona ekspor hasil perikanan hingga akhir tahun ini yang mencapai US$1,8 miliar dengan volume 180.000 ton,” tutur Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Rifky Effendi Hardijanto.

Pihak KKP akan terus mendorong peningkatan ekspor udang nasional dalam dua atau tiga tahun ke depan. Adapun target yang ditetapkan mencapai US$2,8 miliar per tahunnya.

“Selama ini produksi udang budidaya merupakan penyumbang terbesar ekspor udang nasional yang mencapai 80 persen dan sisanya dari perikanan tangkap,” tambah Rifky.

Amerika Serikat memang menjadi pangsa pasar terbesar Indonesia di ekspor udang. Posisi Indonesia ekportir terbesar kedua di Negeri Paman Sam tersebut setelah India. Sementara di Eropa, Indonesia berada di peringkat ke-16 pengekspor udang. 

“Selain AS, Eropa sangat besar peluangnya, makanya harus kita garap maksimal mulai tahun depan,” katanya.

Selain udang, KKP juga berupaya mendorong peningkatan ekspor tuna yang berada di urutan kedua terbesar. Adapun cakalang dan tongkol serta rumput laut juga termasuk sepuluh besar penyumbang ekpor terbesar hasil perikanan.

Sumber : https://www.pertanianku.com/category/perikanan/