(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Ternyata Ini Penyebab Telur Ikan Rentan Terkena Jamur

Admin dkpp | 20 Februari 2018 | 9462 kali

Ternyata Ini Penyebab Telur Ikan Rentan Terkena Jamur

Tahukah Anda bahwa telur ikan sangat rentan terhadap serangan jamur akuatik. Secara alamiah, jamur ini akan menyerang telur-telur yang tidak subur atau mati. Namun, tidak menutup kemungkinan jamur akan menyebar dan menyerang telur yang tumbuh secara subur. Secara umum telur di hampir semua jenis ikan rentan terhadap serangan jamur.

Tingkatannya pun bervariasi yang dilihat dari spesies ikan. Beberapa di antaranya bahkan dapat memproduksi telur yang tahan terhadap infeksi jamur. Telur yang terserang jamur biasanya akan diselimuti oleh bentukan menyerupai benang yang dikenal sebagai hifa jamur berwarna putih. Benang ini dapat dilihat sampai batas tertentu dengan bantuan sebuah kaca pembesar. Pada jenis ikan yang telurnya menggerombol seperti pada cichlid yang menempelkan telurnya pada subtract, jamur akan sangat mudah menyebar dari telur yang mati ke telur yang sehat.

Kondisi inilah yang akhirnya akan menghancurkan seluruh populasi telur. Banyak yang menyalahartikan bahwa telur-telur yang berwarna putih atau opak adalah telur yang berjamur meskipun tidak dijumpai adanya hifa.

Beberapa buah telur bisa saja berwarna putih pada saat dikeluarkan. Telur transparan yang tidak subur akan berubah menjadi putih dalam waktu 24 jam dan tidak akan langsung menginfeksi karena infeksi jamur baru akan terjadi setelah beberapa saat kemudian.

Penyebab utama terserangnya jamur dikarenakan adanya jamur dari golongan saproligna dan achyla. Untuk mengontrol agar terhindar dari serangan jamur, induk ikan secara alami dan teratur akan menyingkirkan telur yang mati sebelum telur-telur berjamur dan hal ini berlaku pada spesies cichlid indukan yang mengasuh anakannya.

Pemilik ikan atau akuaris juga harus turun tangan untuk membantu ikan menyingkirkan telur yang mati dengan menggunakan pipet, jarum, atau pinset kecil. Apabila telur diinkubasi secara terpisah, pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan perlakuan perendaman dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Sumber : https://www.perikananku.com/ternyata-ini-penyebab-telur-ikan-rentan-terkena-jamur/