(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Teknik Tepat Memotong Ikan Menjadi Fillet

Admin dkpp | 05 November 2019 | 4782 kali

Salah satu menu yang sering menjadi andalan keluarga adalah masakan ikan. Dengat sifatnya yang dapat diolah menjadi berbagai menu masakan, ikan juga seringkali diolah dalam bentuk fillet. Jenis ikan yang sering dibuat fillet adalah salmon, kakap, gurami, dan nila. Selain sangat praktis disajikan, ternyata masakan ikan juga mengandung banyak protein. Oleh karena itu, masakan fillet ikan menjadi salah satu bahan masakan Indonesia yang sering diandalkan para ibu rumah tangga.

Tentunya sangat menyenangkan dapat menyantap fillet ikan yang praktis ini. Namun, pernahkah Anda mencoba membuat masakan fillet ikan sendiri? Bagi koki yang sudah profesional, mem-fillet ikan dapat dilakukan kurang dari satu menit karena mereka telah mengetahui cara memotong fillet ikan dengan benar. Sementara itu, bagi yang masih belum berpengalaman mem-fillet ikan cukup memakan waktu. Namun, Anda tak perlu ragu untuk mencobanya di dapur dengan tips berikut ini. 

  • Pilih ikan yang masih segar

Sebelum mem-fillet ikan, pastikan ikan harus dalam keadaan segar. Jangan lupa untuk membersihkan bagian isi perut ikan sehingga saat mem-fillet ikan, daging ikan dapat terpotong dengan baik. Gunakan kain lap bersih atau handuk kertas untuk menghilangkan kelembapan ikan agar ikan dapat cepat dipotong.

  • Gunakan pisau tajam

Gunakan pisau yang tajam untuk memulai fillet. Buatlah sayatan di belakang kepala dan insang, potong miring.

  • Potong dengan garis

Buatlah sebuah garis dengan ujung pisau sampai ke bagian ekor ikan. Selanjutnya, potong bagian atas ikan sehingga pisau Anda berhenti pada bagian tulang dan sirip. Ketika mendekat ke bagian ekor, pisau akan memotong daging ikan secara garis lurus.

  • Angkat ikan dengan lembut

    Jika ikan sudah terbelah sampai di bagian ekor, gunakan tulang belakang sebagai panduan menjalankan ujung pisau untuk mem-fillet. Lakukan secara perlahan.

    • Balikkan ikan

    Balikkan ikan, lalu lakukan langkah-langkah tadi pada posisi lain.

    Kini Anda telah mengetahui tips memotong fillet ikan dengan benar. 

Sumber : https://www.pertanianku.com/teknik-tepat-memotong-ikan-menjadi-fillet/