(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Spesies Ikan Lokal Indonesia Jumlahnya Kian Menyusut

Admin dkpp | 11 Juli 2019 | 1399 kali

Benarkah spesies ikan lokal Indonesia berkurang? Pasalnya, diperkirakan terdapat tidak kurang dari 40 ribu jenis spesies ikan ada di dunia. Dari jumlah tersebut, sedikitnya 1.300 spesies di antaranya merupakan spesies ikan air tawar yang ada di Indonesia dan ini merupakan jumlah tertinggi di Benua Asia. 

“Selain itu, biodiversitas spesies ikan air tawar di Indonesia adalah nomor dua terkaya dunia di bawah Brasil yang kekayaan spesiesnya mencapai 3.000 spesies,” jelas Kepala BKIPM Semarang, Raden Gatot Perdana, Selasa (9/7).

Menurut Gatot, adanya potensi ancaman terhadap kekayaan biodiversitas hayati saat ini menjadi sebuah keniscayaaan. Hal ini diperkuat hasil penelitian yang dilakukan oleh Hadiaty (2011). Penelitian yang dilakukan di wilayah danau-danau aliran Sungai Cisadane menunjukkan adanya laju penurunan spesies mencapai 72,1 persen dari ikan-ikan yang dahulu telah menghuni wilayah tersebut.

“Beberapa faktor yang dapat menjadi ancaman terhadap biodiversitas ikan dan menimbulkan kepunahan adalah penangkapan yang berlebihan, adanya introduksi spesies baru, pencemaran, habitat yang hilang dan berubah dan perubahan iklim,” katanya.

Ia juga menjelaskan, dengan adanya introduksi ikan invasif menyebabkan penurunan keanekaragaman ikan di danau-danau yang ada di Indonesia. Biota invasif, termasuk ikan, juga dapat merusak biota di danau dan sungai habitat jenis ikan asli Indonesia.

Menyadari tingginya keanekaragaman jenis ikan yang dimiliki Indonesia, Gatot mengatakan, BKIPM Semarang memandang perlunya upaya nyata untuk menjaga dan melindungi kelestarian ribuan jenis spesies ikan asli Indonesia.

Salah satunya melalui kegiatan pemetaan dan sosialisasi oleh tim JABI BKIPM Semarang dengan melakukan kegiatan pemetaan, khususnya terkait sebaran ikan bersifat invansif dan introduksi.

“Sehingga dapat diperoleh data secara komprehensif sebagai bahan informasi untuk menyusun langkah dalam penentuan kebijakan yang tepat,” jelas Gatot. 

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat tentang pentingnya upaya menjaga dan melindungi kelestariannya sumber daya yang ada di negeri ini.

“Tersedianya data atau informasi spesies ikan berpotensi invasif, invasif asing dan invasif lokal  dan tersedianya Peta Sebaran Jenis Ikan Berbahaya dan Bersifat Bersifat Invasif sebagai bahan informasi untuk menyusun langkah dalam penentuan kebijakan yang tepat,” ujarnya.

Sumber : https://www.pertanianku.com/spesies-ikan-lokal-indonesia-jumlahnya-kian-menyusut/