(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Sepanjang 2018, KKP Berhasil Tangkap 106 Kapal Illegal Fishing

Admin dkpp | 21 Januari 2019 | 599 kali

Selama periode 2018, Kapal Pengawas Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap 106 kapal illegal fishing (kapal perikanan yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal). Bahkan, 41 kapal yang ditangkap adalah kapal perikanan asing. 

Sekretaris Jenderal KKP sekaligus Plt. Dirjen PSDKP KKP, Nilanto Perbowo menjelaskan, dari 106 kapal yang ditangkap, dari total 106 kapal, 41 di antaranya merupakan kapal perikanan asing (KIA). Sisanya, sebanyak 65 kapal adalah kapal perikanan Indonesia (KII). Ratusan kapal itu ditangkap oleh 34 armada Kapal Pengawas Perikanan yang saat ini dimiliki oleh KKP.

Selanjutnya, Nilanto mengungkapkan dari sejumlah KIA yang ditangkap oleh Kapal Pengawas Perikanan didominasi oleh kapal berbendera Vietnam sebanyak 29 kapal, diikuti oleh kapal berbendera Malaysia 7 kapal, dan Filipina sebanyak 5 kapal. 

Operasi pengawasan illegal fishing juga diintegrasikan dengan operasi udara (air surveillance), serta informasi yang diperoleh dari masyarakat melalui SMS Gateway.

“Data-data tersebut merupakan sumber informasi bagi Kapal Pengawas Perikanan untuk melakukan operasi di laut, dan cukup efektif untuk memberantas praktik-praktik illegal fishing yang dilakukan KIA maupun KII,” ujar Nilanto, seperti dikutip

Sumber : https://www.pertanianku.com/sepanjang-2018-kkp-berhasil-tangkap-106-kapal-illegal-fishing/