(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Peluang Agribisnis Rumput Laut yang Belum Banyak Dilirik

Admin dkpp | 28 Juli 2020 | 559 kali

DKPP-Rumput laut menjadi salah satu komoditas unggulan yang didukung penuh oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat di pesisir. Agribisnis rumput laut di Indonesia sebenarnya terbilang memiliki prospek yang bagus karena sumber daya alam rumput laut yang tidak terbatas. Berikut ini beberapa peluang agribisnis rumput laut yang masih belum banyak dilirik. 

Komoditas masa depan

Di balik bentuknya yang kecil, rumput laut menyimpan sejuta manfaat yang masih terus digali oleh para ahli. Saat ini rumput laut sudah digunakan di berbagai macam industri, misalnya industri pangan, kosmetik, farmasi, tekstil, dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin baik. Seiring berjalannya perkembangan ilmu pengetahuan, fakta mengenai manfaat rumput laut semakin terbuka lebar.

Tentunya, hal tersebut bisa menjadi peluang usaha yang berpotensial. Saat ini saja sudah banyak produk turunan yang dihaslkan dari rumput laut jenis tertentu, seperti agar-agar, alginat, dan karaginan. Permintaan rumput laut dari pasar domestik ataupun ekspor masih terbilang bagus hingga saat ini.

Pemeliharaannya mudah dan murah

Faktor lain yang menyebabkan agribisnis rumput laut dapat berkembang dengan pesat adalah kemudahan pemeliharaannya. Selain itu, biaya yang dibutuhkan tidak terlampau besar jika dibandingkan komoditas kelautan lainnya.

Masih banyak jenis yang belum dibudidayakan

Hingga saat ini, rumput laut yang sering dibudidayakan oleh masyarakat adalah Eucheuma spinosum dan Gacilaria. Rumput laut tersebut termasuk jenis rumput laut merah yang sering dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Selain kedua jenis rumput laut tersebut, masih ada banyak jenis rumput laut yang belum dibudidayakan, padahal mengandung bahan kimia yang berguna. 

Bibit unggul

Salah satu kunci sukses budidaya rumput laut adalah penggunaan bibit unggul. Saat ini, Pusat Penelitian dan Pengembangan Budidaya sudah memiliki bibit rumput laut yang unggul dan bisa digunakan oleh masyarakat untuk dibudidayakan.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/peluang-agribisnis-rumput-laut-yang-belum-banyak-dilirik/